Menag Klarifikasi soal Doa Semua Agama: Hanya untuk Forum Internal Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Dok. Kemenag)
Nasional

Menag Klarifikasi soal Doa Semua Agama: Hanya untuk Forum Internal Kemenag

Rabu, 7 Apr 2021 | 12:22 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Agama Yaqut Cholol Qoumas mengklarifikasi soal usulan doa semua agama yang banyak mendapat tentangan dari berbagai pihak.  Ia menegaskan bahwa usulan itu hanya berlaku untuk forum internal Kementerian Agama.

"Saya ulang ya, ini untuk forum internal sebesar rakernas di Kemenag. Tidak untuk acara-acara formal di luar itu. Apalagi acara-acara kenegaraan," kata Yaqut dalam keterangan persnya, Selasa (6/4).

Menteri yang akrab disapa Gus Yaqut ini percaya doa merupakan hal yang penting dilakukan sebelum menjalani kegiatan. Doa, lanjut dia, adalah salah satu cara paling mudah menghindari sesuatu yang tak diinginkan.

"Berdoa adalah salah satu caranya. Dan ingat, di kementerian agama itu bukan Islam saja. Tapi agama lain juga ada. Maka semua harus didekatkan kepada Tuhannya," kata Yaqut.

Sebelumnya, usulan ini mendapat kritik dari Waketum MUI Anwar Abbas karena dinilai tidak sesuai dengan kaidah toleransi.

Menurut Anwar, doa sudah seharusnya menyesuaikan pada tempatnya. Ia mencontohkan daerah dengan mayoritas orang Islam tak bisa dipersoalkan berdoa menurut agama Islam. 

"Dan yang non-Islam silakan menyesuaikan diri untuk juga berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing," kata Anwar.

TAGS:
Yaqut Cholil Quomas

RELATED STORIES

Loading interface...