Menganal SADARI, Pemeriksaan Payudara Sendiri untuk Atas Kanker
ilustrasi
Kesehatan

Menganal SADARI, Pemeriksaan Payudara Sendiri untuk Atas Kanker

Senin, 6 Jul 2020 | 06:07 | Rusmanto
Winnetnews.com -  SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Pemeriksaan ini disarankan untuk semua wanita sebulan sekali sekitar 7-10 hari sesudah menstruasi. Ketahui apa itu SADARI, cara pemeriksaan payudara sendiri, dan tips menjaga kesehatan payudara.

Apa Itu SADARI?

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) adalah pemeriksaan mandiri yang dilakukan oleh wanita untuk mengecek apakah ada perubahan atau kelainan pada payudara. Tujuan dari SADARI adalah untuk memeriksa apakah ada benjolan, masalah pada jaringan payudara, atau tanda-tanda lain yang mungkin gejala kanker payudara awal.

Pemeriksaan payudara sendiri direkomendasikan untuk semua wanita mulai dari usia 20 tahun. Periksa payudara sendiri dapat membantu mencegah kanker payudara dengan cara mengidentifikasi kanker payudara sejak awal sehingga perawatan dan pengobatan dapat dilakukan sebelum kanker menyebar lebih parah.

Mengapa Harus Melakukan SADARI?

Pemeriksaan payudara sendiri dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan payudara serta mencegah bahaya kanker payudara sejak dini. Wanita yang periksa payudara sendiri akan memahami apakah ada benjolan di payudara atau tanda-tanda lainnya yang mengarah pada risiko kanker payudara.

Sebagian besar pasien kanker payudara baru memeriksakan keadaannya saat sudah berada di stadium kanker lanjut. Maka dari itu, pemeriksaan payudara ini dianggap menjadi langkah awal yang tepat untuk membantu mendeteksi kanker payudara karena setiap wanita akan mengerti bila ada yang tidak normal di payudaranya.

Sejumlah wanita melaporkan tanda-tanda kanker payudara sejak awal setelah melakukan pemeriksaan payudara mandiri. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diagnosis kanker payudara atau gangguan lainnya. Tindakan ini membantu perawatan dan pengobatan sebelum kondisi pasien memburuk.

Kapan Harus Melakukan SADARI?

Setiap wanita sejak usia 20 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri satu bulan sekali. Berdasarkan rekomendasi dari Yayasan Kanker Indonesia, SADARI sebaiknya dilakukan 7-10 setelah menstruasi. Keseluruhan pemeriksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit.

Sebaiknya tidak periksa payudara sendiri saat sedang menstruasi karena Anda sedang mengalami perubahan hormon yang menyebabkan perubahan jaringan payudara. Payudara cenderung akan membengkak dan mengencang jadi Anda tidak mendapatkan kondisi payudara yang sebenarnya.

TAGS:
kanker payudaraSADARI

RELATED STORIES

Loading interface...