Mengapa Kecoak Sangat Kuat dan Sulit Dibunuh?
Kecoa sangat sulit dibunuh (sumber: Liputan 6)
Edukasi Umum

Mengapa Kecoak Sangat Kuat dan Sulit Dibunuh?

Senin, 26 Agt 2019 | 13:30 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com -  Apa yang kamu pikirkan ketika melihat hewan yang satu ini? Sebagaian orang pasti ketakutan dan histeris ketika melihat hewan ini berkeliaran di sekitar.

Kamu mungkin akan melakukan segala cara agar serangga ini dapat menyingkir dari hadapanmu. Mulai dari memukulnya dengan sapu, mengguyurnya dengan air sabun, hingga menyemprot hewan tersebut dengan insektisida.

Namun pernahkan kamu menyadari bahwa hewan yang satu ini sangat sulit untuk dibunuh? Ketika kamu memukul dengan sapu misalnya, hewan ini akan tumbang, namun setelah itu ia akan bangkit kembali. Kamu perlu memukul kecoak berulang-ulang kali agar hewan ini bisa benar-benar mati. Ketika dirasa sudah mati pun hewan ini ternyata masih bisa bangkit lagi.

Kecoak sendiri merupakan hewan di era prasejarah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa serangga ini berasal dari era jutaan tahun lalu. Bahkan, hewan ini sudah ada sejak zaman dinosaurus pertama kali muncul.

Hal ini membuktikan bahwa kecoak merupakan hewan dengan tingkat evolusi yang tinggi. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa hewan ini sangat sulit untuk dibunuh?

Sebuah publikasi dari jurnal Nature Communication melakukan penelitian untuk melihat genom dari kecoak Amerika (Periplaneta americana). Dalam penelitan tersebut, mereka menemukan fakta baru tentang kecoak.

Pertama, hewan ini mempunyai kemampuan hebat dalam menemukan makanan di lingkungan yang sangat sulit. Hal ini yang menyebabkan kenapa hewan ini dapat berkembang biak dengan baik di lingkungan perkotaan. Fakta ini juga mengungkap kemampuan ini disebabkan oleh banyaknya gen kecoak yang mengodekan reseptor kimia.

Serangga ini memiliki 1.000 gen kima, termasuk 154 gen untuk mencium bau dan 522 gen untuk merasakan sumber makanan.

Kedua, kecoak dapat hidup di lingkungan yang sangat kotor dan tidak sehat. Hal ini dijelaskan dalam jurnal bahwa sel kecoak dapa melakukan evolusi yang menyebabkan hewan ini dapat merespons bakteri dan anti-mikroba dengan mengeluarkan senyawa antimikroba yang dapat melindungi kecoa dari penyakit.

Penelitian ini sebenarnya sudah komperhensif dalam menjelaskan kenapa kecoak memiliki ketahanan hidup yang tinggi dan sangat sulit untuk dibunuh.

Hal lain yang menakjubkan dari hewan ini adalah kemampuannya untuk melakukan regenerasi pada kakinya. Hewan ini juga dapat bertahan hidup tanpa kepala dalam waktu yang begitu lama. Wah, benar-benar hewan yang super, ya!

TAGS:
kecoakseranggamenjijikkanedukasi umumpengetahuan umum

RELATED STORIES

Loading interface...