Mengenal Jenis Keriput di Bawah Mata dan Cara Mencegahnya
Foto: Prevention
Lifestyle

Mengenal Jenis Keriput di Bawah Mata dan Cara Mencegahnya

Kamis, 16 Jul 2020 | 16:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Keriput atau garis-garis halus yang muncul di bagian bawah mata merupakan sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Semakin bertambahnya usia seseorang, maka kulit akan kekurangan kemampuannya untuk beregenerasi sendiri.

Kulit yang berada di bawah area mata adalah area yang sangat rentan terhadap proses penuaan karena tipis. Akibatnya, kerutan di bawah mata pun akan muncul seiring berjalannya waktu. Setiap orang mungkin memiliki satu atau lebih jenis kerutan di bawah mata mereka. Dirangkum dari Medical News Today, berikut ini beberapa jenis keriput di bawah mata dan cara penangannya.

Kerutan dinamis

Seiring berjalannya waktu, kontraksi otot yang berulang di bawah kulit bisa menyebabkan kerutan yang dinamis. Ini sering terjadi jika seseorang sedang menggunakan otot tersebut, misalnya saat tersenyum. Jenis kerutan ini seringkali terbentuk di bagian alis, dahi, dan sudut luar mata.

Kerutan statis

Kerusakan kulit yang menyebabkan munculnya kerutan jenis ini. Hal ini membuat kerutan akan tetap terlihat, meskipun kita sedang mengistirahatkan otot-otot wajah. Kerutan yang dinamis pun lama-kelamaan dapat berubah menjadi kerutan statis. Jenis kerutan ini umumnya terjadi karena sinar matahari, merokok, dan gizi buruk.

Kerutan lipatan

Kerutan lipatan disebabkan oleh usia kita yang bertambah. Kerutan ini biasanya berkembang di lekukan antara hidung dan mulut, namun juga dapat terjadi di bagian bawah mata.

TAGS:
keriputkeriput bawah matavitamin c

RELATED STORIES

Loading interface...