Mengenal Kakeibo, Teknik Menyimpan Uang Ala Orang Jepang
Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Tips Keuangan

Mengenal Kakeibo, Teknik Menyimpan Uang Ala Orang Jepang

Jumat, 2 Okt 2020 | 10:46 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Menyimpan uang adalah sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, jika tidak menyisihkan uang untuk disimpan, kita akan mengalami kesulitan di akhir bulan. Agar tidak mengalami situasi ini, kita bisa mencoba untuk melakukan kakeibo.

Dilansir dari Refinery29, kakeibo atau budget journaling adalah sebuah gaya hidup yang berasal dari Jepang dan pertama kali dipopulerkan oleh Hani Motoko pada tahun 1904. Cara ini dibuat olehnya untuk membantu para wanita yang sibuk agar tetap bisa memantau keuangannya.

Cara mengatur keuangan ini kemudian kembali menjadi perbincangan, setelah penulis Fumiko Chiba menulis tentang Kakeibo. Berikut ini, adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang kakeibo.

Mengalihkan fokus dari menabung menjadi menghabiskannya

Chiba menjelaskan bahwa kita perlu untuk membentuk sikap terhadap penganggaran – kita harus “membelanjakan dengan baik” untuk “menabung dengan baik” dan sebaliknya. “Kita semua bekerja sangat keras untuk hidup, dan juga untuk menikmati banyak hal. Penting untuk mengingat fakta ini saat menyimpan,” ujar Chiba.

Dengan kata lain, jika menabung adalah tentang apa yang tidak bisa kita miliki, itu tugas, dan kemungkinan besar kita akan berhenti. Jika menjadikan hal tersebut penganggaran cermat, kita dapat melakukan dan bisa memiliki apa yang kita inginkan, itu menjadi prospek yang jauh lebih mengundang.

Menulisnya

Menjalankan kakeibo adalah tentang menulis pengeluaran, tapi tidak sampai memasukkan angka ke dalam spreadsheet. Menurut Chiba, mencatat pengeluaran dengan kertas dan pena dapat memberi kita ruang serta waktu untuk melihat pengeluaran secara detail.

“Dunia kita saat ini sangat cepat sampai semuanya bisa dibeli dan dibayar dengan waktu singkat. Kakeibo membantu kita lebih lambat dan sangat memikirkan apa yang kita beli dalam keadaan tenang, terukur,” tuturnya.

Jujur tentang apa yang “harus” dan “diinginkan”

Kita tahu berapa banyak uang yang masuk dan tahu seberapa banyak yang harus dikeluarkan, setelah melakukan penganggaran cermat. Jadi inilah saatnya untuk mencaritahu bagaimana kita menggunakan sisanya. Kakeibo membagi pengeluaran menjadi beberapa kategori yang spesifik.

Kita bisa membagi pengeluaran ke dalam sesuatu yang “harus” dan hanya sekadar “ingin”. Chiba menjelaskan bahwa dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mengindentifikasi bagian mana yang bisa dipangkas.

Tunai lebih baik daripada kartu

Saat ini kita jarang membawa uang tunai. Padahal melakukan pembayaran dengan ATM atau kartu kredit membuat kita kurang bertanggung jawab atas pengeluaran yang dilakukan. Sedangkan dengan menggunakan uang tunai, kita cenderung berpikir dua kali sebelum melakukan pembelian.

Melihat progres di akhir bulan

Di akhir bulan, kita bisa melihat perkembangan kakeibo yang diterapkan. Memperhatikan kesuksesan dan kelemahan dari cara ini, dan membuat tujuan baru untuk bulan berikutnya. Dengan melakukan kakeibo kita bisa mendapatkan prespektif yang lebih luas, daripada mencatat pengeluaran dari aplikasi digital.

TAGS:
tips keuanganKakeibomenyimpan uang

RELATED STORIES

Loading interface...