Mengenal Kombucha dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah
Foto: Women's Health
Lifestyle

Mengenal Kombucha dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Senin, 30 Mar 2020 | 17:08 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kombucha atau minuman dari fermentasi jamur kombucha, belakangan ini sedang menjadi sorotan para kaum hawa. Pasalnya, jamur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Uniknya, jamur kombucha bisa langsung dirasakan khasiatnya setelah kita mengounsumsinya lho.

Jamur kombucha yang sudah difermentasi biasanya dijadikan sebagai minuman probiotik dan bisa menggantikan jus buah. Selain itu, teh kombucha juga terkenal sangat nikmat saat dikonsumsi.

Manfaat kombucha untuk kulit
Manfaat kombucha untuk kulit

Akan tetapi jika tidak ingin mengonsumsinya secara langsung, kita juga bisa menggunakan kombucha sebagai masker. Caranya, campurkan cuka kombucha yang sudah difermentasi selama 1—14 hari dengan air, ingat perbandingannya 50:50.

Air perlu digunakan, karena cuka kombucha memiliki tingkat asam yang terlalu tinggi jika digunakan langsung ke kulit wajah kita. Gunakan masker ini selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kombucha diketahui memiliki kandungan vitamin B1, B6, dan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah, serta mendukung fungsi seluler maupun perbaikan kerusakan oksidatif. Selain itu, kombucha juga dapat menjaga elastisitas kulit kita dan proteksi lebih.

TAGS:
LifestyleKombuchavitamin ckulit wajah

RELATED STORIES

Loading interface...