Mengenal Lebih Dekat dengan <em>Binge Eating</em> dan Cara Penyembuhan
ilustrasi
Lifestyle

Mengenal Lebih Dekat dengan <em>Binge Eating</em> dan Cara Penyembuhan

Jumat, 2 Agt 2019 | 12:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Makan dalam porsi banyak merupakan hal wajar yang dilakukan ketika sedang lapar. Namun, kalau porsi makan seperti ini berlangsung terus-menerus, kemungkinan besar Anda mengalami binge eating disorder. Bagi Anda yang sudah cukup terbebas dari jeratan binge eating, pengaturan pola makan harian bisa semakin membantu untuk memperbaiki kondisi ini. Bagaimana caranya?

Cara mengatur pola makan kembali untuk pengidap binge eating

Binge eating disorder diartikan sebagai perilaku makan yang tidak terkendali, karena cenderung makan dalam porsi banyak dan berlebih. Bahkan, orang dengan binge eating juga bisa makan berkali-kali meski baru saja makan sebelumnya.

Meski begitu, tidak semua orang yang hobi makan banyak itu berarti mengalami binge eating. Sebab, seseorang yang mengalami binge eating sebenarnya sadar dan malu dengan kebiasaannya, tapi selalu merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Dorongan untuk makan dalam porsi banyak rasanya selalu muncul kapan pun. Dalam hal ini, biasanya Anda membutuhkan terapi untuk mengatasi binge eating.

Setelah dinyatakan sembuh dari binge eating, Anda tetap tidak boleh makan sembarangan. Agar pola makan kembali seperti sedia kala, begini aturan tepat yang sebaiknya diterapkan untuk menghindari binge eating:

1. Makan tepat waktu

image0

Hindari menunda-nunda makan hanya demi mencegah kemungkinan makan dalam porsi banyak. Pasalnya, alih-alih menahan diri, Anda justru bisa kelaparan sehingga akhirnya makan dalam porsi yang terlampau banyak.

Hal ini dikarenakan semakin Anda menunda waktu makan, maka perut juga akan semakin merasa lapar. Akibatnya, tanpa sadar Anda mengambil makanan dalam jumlah banyak sebagai pemuas rasa lapar yang tertahan cukup lama.

Sebagai solusinya, Natalie Guarnaschelli selaku pakar mengenai eating disorder atau kelainan makan, menganjurkan aturan pola makan untuk binge eating. Anda disarankan makan 3 kali sehari, meliputi sarapan pagi, makan siang, dan makan malam.

Jangan lupa, sertakan juga waktu untuk makan selingan atau camilan selama 2-3 kali dalam sehari di sela-sela waktu makan utama.

TAGS:
Binge eatingpola makangaya hidup

RELATED STORIES

Loading interface...