Menkes: 3.830 Orang Positif Covid-19 Masih Jalan-jalan ke Tempat Umum

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 13 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Menkes: 3.830 Orang Positif Covid-19 Masih Jalan-jalan ke Tempat Umum
Menkes Budi Gunadi Sadikin

Winnetnews.com -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut sebanyak 3.830 orang yang positif Covid-19 terdeteksi masih mondar-mandir ke sejumlah tempat umum seperti mal, transportasi umum, hingga restoran. Angka ini diketahui dari aplikasi PeduliLindungi.

"Setelah diluncurkan baru sebulan, ada 29 juta yang melakukan check ini dengan PeduliLindungi kita bisa lihat. Surprisingly ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif COVID tapi masih jalan-jalan, masuk mal 3.000 orang, masih juga ke bandara 43 orang, masih naik kereta 63 orang, masih masuk restoran 55 orang, " kata Menks dalam Rapat Kerja DPR RI Komisi IX, Senin (13/9).

"Orang-orang ini yang sudah teridentifikasi positif COVID yang seharusnya stay di rumah atau isolasi terpusat, karantina. Dengan demikian kita bisa melacak mereka, akan memastikan mereka segera kita ambil dan melakukan isolasi," lanjutnya.

Menkes mengatakan aplikasi PeduliLindungi yang sudah digunakan sebagai alat skrining untuk masuk tempat umum tak hanya berfungsi menjamin pengunjung sudah divaksin, melainkan juga melacak pasien yang berstatus hitam atau positif Covid-19.

Dengan check in di PeduliLindungi, lanjut Menkes, orang-orang yang terinfeksi Covid-19 atau sempat melakukan kontak dengan pasien bisa diketahui riwayat perjalanannya sehingga memudahkan tracing.

"PeduliLindungi ini juga bisa sebagai fungsi tracing. Begitu mereka check in, kita tahu mereka ada di mana, jam berapa. Kalau positif kita bisa cepat melakukan tracing, siapa saja yang ada di jam itu di lokasi itu," ujar Menkes.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...