Menteri Rudiantara Sebut Ciri-ciri Berita Hoax

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Menteri Rudiantara Sebut Ciri-ciri Berita Hoax Foto: sebarr.com

WinNetNews.com – Massifnya berita hoax di dunia maya menjadi perhatian khusus bagi Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara. Untuk itu, ia mengajak masyarakat, khususnya di Kalbar secara bersama-sama memerangi berita hoax. Ia juga memaparkan ciri-ciri berita hoax yang biasa muncul.

"Kita harus secara bersama dalam bergerak melawan berita hoax atau bohong yang saat ini menjadi perhatian serius pemerintah," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (19/3/2017).

Ciri-ciri berita hoax, Pak Menteri menjelaskan, jika berita itu bernada provokatif.

"Kalau ada di medsos ada yang menulis ‘diambil dari grup sebelah’ atau ‘ayo viralkan’ maka abaikan saja. Sebab itu tanda-tanda hoax. Dengan bersama, yakin, hoax bisa di lawan," kata dia.

Sementara itu di hadapan ratusan pemuda Kalbar yang hadir dalam gerakan 1000 starup tersebut Rudiantara mengajak untuk justru mefaatkan teknologi digital yang maju kian pesan untuk kesejahteraan masyarakat dan daerah.

"Manfaatkan kemajuan dunia digital sekarang ke arah lebih baik dan positif. Peluang besar ada di sana," ajaknya.

Pihaknya kata dia memastikan untuk membangun jaringan. Pasalnya kata dia terdapat 114 kabupaten dan kota di Indonesia belum memiliki kecematan internet yang tinggi.

"Selain pembangunan jaringan kita juga akan menargetkan pemerataan kecepatan internet dan juga harganya untuk seluruh Indonesia. Saat ini seperti di Papua kecepatan rendah namun harga jauh lebih tinggi. Ini yang akan kita lakukan pemerataan," jelasnya.