Menteri Siti sebut penyanderaan Peyidik PNS merendahkan wibawa Negara

Rike
Rike

Menteri Siti sebut penyanderaan Peyidik PNS merendahkan wibawa Negara

WinNetNews.com-Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya tegaskan, bahwa penyanderaan terhadap tujuh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Polisi Kehutanan (Polhut) di Rokan Hulu, Riau, oleh pelaku pembakar hutan atau lahan adalah tindakan melawan hukum yang merendahkan kewibawaan Negara.

Menteri Siti mengungkapkan, bahwa penegakan hukum yang dilakukan pihaknya mendapat perlawanan pelaku kebakaran hutan atau lahan dan perambah kawasan hutan. Menurut Siti, Minggu (4/9/2016), penyanderaan dilakukan sekelompok massa yang diindikasi kuat dikerahkan perusahaan pada Jumat (2/9/2016).

Ketika itu penyidik KLHK selesai menjalankan tugasnya untuk menyegel kawasan hutan atau lahan yang terbakar yang berada dalam penguasaan perusahaan. Siti Nurbaya menegaskan, kejadian penyanderaan ini adalah tindakan melawan hukum yang merendahkan kewibawaan Negara, apalagi diindikasikan adanya keterlibatan dari pihak perusahaan.

Penyidik KLHK dan Polhut adalah aparat penegakan hukum berdasarkan undang-undang (UU) memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kebakaran hutan dan lahan.