Menuai Kontra, Amien Rais Ganti Nama 'People Power' Menjadi Ini

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Menuai Kontra, Amien Rais Ganti Nama 'People Power' Menjadi Ini

Winnetnews.com - Amien Rais selaku Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BON) mengungkapkan bahwa kubu yang ditungganginya tidak akan menggunakan istilah people power lagi ke depannya. Kedaulatan Rakyat menjadi pengganti istilah people power untuk sekarang dan kedepannya, hal ini dinyatakan sendiri oleh Amien Rais.

“Dari sekarang kami tidak gunakan people power tapi gunakan kedaulatan rakyat,” ujar Amin di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/19).

Pernyataan Amien Rais tersebut dijelaskan kembali oleh Dahnil Anzar selaku Jubir BPN. Menurutnya, istilah people power yang diganti tersebut adalah humor satire yang bersifat sindiran untuk keadaan dimana polisi melakukan tindakan hukum terhadap orang yang menyerukan people power, contohnya saja Eggi Sudjana.

“Iya kedaulatan rakyat. Itu hanya kata-kata saja. Itu sebenarnya satire yang disampaikan Pak Amien. People power itu bukan sesuatu yang sebenarnya menakutkan,” ucap Dahnil.

Danil juga ungkapkan bahwa sebenarnya secara hukum, people power itu dibenarkan kecuali adanya gerakan makar ataupun anarkisme yang merugikan dasar Negara.

“Jadi kalau ada orang yang mengancam sedang protes, itu justru tindakan inkonstitusional dan itu tindakan makar,” tambahnya.

Penyampaian Amien tersebut terungkap di dalam acara yang digelar Prabowo bersama dengan BPN yang tujuannya membeberkan data-data kecurangan pemilu 2019. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh-tokoh elit di antaranya Prabowo, Sandiaga, Djoko Santoso selaku ketua BPN, Fadli Zon selaku Wakil ketua Gerindra, Dahnil Anzar selaku Jubir BPN, dan lainnya.