Mitos Hari Keramat ‘Friday the 13th’
Jason Voorhees dari Film Friday the 13th (sumber: The Athletic)
Edukasi Umum

Mitos Hari Keramat ‘Friday the 13th’

Jumat, 13 Sep 2019 | 15:00 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Taukah kalian bahwa di beberapa daerah angka 13 sering dianggap sebagai angka yang keramat? Saking angkernya, angka tersebut kerap dikaitkan dengan kejadian mistis dan takhayul. Angka ini bahkan pernah dibuat film horor yang sangat terkenal tahun 1980-an yang berjudul Friday the 13th.

Dalam film tersebut kamu mungkin akan dibuat bergidik dengan sosok Jason Voorhees yang melakukan pembunuhan sadis. Film ini diakui terinspirasi dari kehidupan nyata.

Ketakuan masyarakat terhadap Firday the 13th ini juga sering disebut dengan paraskavedekatriaphobia.

Mungkin kamu dibuat bertanya-tanya mengapa angka 13 ini sering dikaitkan dengan hal-hal seram. Seorang profesor sejarah spesialis asal-usul takhayul Iowa State University, Michael Bailey mengungkapkan bahwa Friday the 13th berasal dari pristiwa penyaliban Yesus yang terjadi pada hari Jumat. Kejadian itu dianggap sebagai malapetaka bagi umat manusia.

Sementara Stuart Vyse, profesor psikologi dari Connecticut College menyebut angka 13 merupakan perlambangan tamu yang telah menghadiri Perjamuan Terkahir di malam Yesus dibunuh. Murid yang mengkhianati Yesus diyakini adalah tamu ke-13.

Namun angka ini tidak selalu diasosiasikan dengan angka kegelapan. Buktinya adalah Taylor Swift yang merasa sangay menyukai angka 13. Ia mengaku jika dirinya lahir pada Hari Jumat, tanggal 13.

“Saya dilahirkan pada Hari Jumat tanggal 13. Album saya menanjaki tangga lagu emas dalam 13 minggu. Lagu pertama saya memiliki intro sepanjang 13 detik,” ungkap pelantun Shake It Off tersebut dalam sebuah interview MTV.

TAGS:
Film Friday the 13thJumat keramattanggal sial

RELATED STORIES

Loading interface...