Muhammadiyah: Anak-Anak WNI Eks ISIS Bisa Dipulangkan Asal Setia dengan Pancasila
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Andul Mu'ti (foto: Tribun Jogja)
Politik

Muhammadiyah: Anak-Anak WNI Eks ISIS Bisa Dipulangkan Asal Setia dengan Pancasila

Kamis, 13 Feb 2020 | 09:28 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, berpendapat kalau kombatan ISIS eks WNI yang masih ingin pulang ke Indonesia perlu difasilitasi. Adbul menyebut jika para WNI tersebut masih bisa dibina asal setia dengan Pancasila.

“Mereka yang masih WNI dan perlu difasilitasi, pemulangannya bersifat sukarela. WNI yang tidak setia kepada Pancasila dapat kembali dengan syarat dan pembinaan khusus. Syaratnya adalah mereka tidak boleh melakukan tindakan kriminal dan bersedia untuk ikut pembinaan ideologi di karantina atau tempat khusus lainnya,” kata Abdul, dilansir dari Detik.com, Rabu (12/02).

Menurut Abdul, ada tiga kategori WNI yang tegabung dalam kombatan ISIS, yaitu WNI yang berniat menjadi teroris dan ada juga WNI yang hanya menjadi korban tipu daya propaganda oleh keluarganya.

“Pertama, ada golongan yang niat pergi ke Suriah karena ingin menjadi kombatan secara ideologis. Kedua, ada orang yang menjadi kombatan karena alasan pragmatis dan iming-iming gaji yang tinggi. Golongan ini tidak punya dasar ideologi yang kuat. Ketiga, mereka yang ke Suriah hanya karena ikut-ikutan atau bahkan tertipu oleh anggota keluarga dan teman. Mereka sama sekali tidak terlibat sebagai kombatan, sebagian mereka malah jadi korban kekerasan,” lanjut Abdul.

Para kombatan ISIS yang dengan sengaja bergabung inilah yang mestinya tak usah dipulangkan ke Indonesia. Menurutnya, perempuan dan anak-anak selagi masih bisa bersumpah setia kepada Pancasila bisa kembali dengan berbagai syarat.

Oleh karena itu, menurut Abdul, pemerintah perlu melakukan pendataan yang akurat dan screening yang ketat. Menurutnya, pemerintah bisa minta bantuan ke ormas untuk pembinaan.

TAGS:
ISISMuhammadiyahAbdul Mu'tiPancasilaWNI eks ISISkombatan ISISPP MUhammadiyah

RELATED STORIES

Loading interface...