6 Faktor Munculnya Uban di Rambut
ilustrasi rambut beruban ( Photo Istimewa )
Lifestyle

6 Faktor Munculnya Uban di Rambut

Sabtu, 29 Jun 2019 | 13:55 | Muchdi
Winnetnews.com -  Uban identik dengan usia lanjut. Tapi, sebagian orang bahkan sudah memiliki uban meski masih muda.

Nyatanya, umur memang bukanlah satu-satunya faktor penyebab munculnya uban. Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Reader's Digest, dikutip Sabtu (29/06/2019), berikut 6 faktor penyebab munculnya uban:

1. Gen

Sebagian dari Anda mungkin bingung apa penyebab munculnya uban. Profesor Dermatologi New York University Langone Medical Center Doris Day mengatakan bahwa gen bisa jadi penyebabnya. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nature Communicaton meneliti satu variasi gen terkait uban setelah memeriksa rambut dari 6000 orang Latin Amerika.

Doris mengatakan bahwa gen dapat mempengaruhi pertumbuhan uban sama seperti ketebalan rambut yang Anda miliki. Gen tersebut diwariskan dari kedua orang tua Anda.

2. Kondisi Penyakit

Penyakit kulit autoimun yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan rambut berubah menjadi wana putih terang.

National Alopecia Areata Foundation (NAAF) menjelasakan bahwa seseorang dengan kondisi ini mengalami kondisi tertentu pada kulit kepala yang dapat menyebabkan penderita kehilangan rambut di kepala bahkan seluruh tubuh.

"Hal ini terjadi karena sistem imun menyerang folikel rambut Anda yang menyebabkan rambut rontok. Saat tumbuh kembali, rambut akan berwarna putih," kata Doris.

Berdasarkan NAAF, sekitar 6.8 juta orang di Amerika mengalami atau akan mengalami kondisi ini. Bila Anda mengalami gejala tertentu terkait rambut rontok, kunjungilah dermatolog Anda.

3. Polusi

Menurut Library of Congress, polusi dan racun dapat membuat Anda memiliki uban lebih cepat. Sebuah studi menemukan bahwa kedua hal tersebut membangkitkan sel radikal atau oksidatif stress yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

Doris mengatakan bahwa isu lingkungan jelas memiliki dampak negatif. Namun, alasan lain seperti stres pun juga tidak kalah pentingnya.

TAGS:
rambutubanhormonGenUsia

RELATED STORIES

Loading interface...