Mungkin Ini Penyebabnya Kenapa Lutut Sakit Saat Naik Turun Tangga
ilustrasi
Kesehatan

Mungkin Ini Penyebabnya Kenapa Lutut Sakit Saat Naik Turun Tangga

Kamis, 8 Apr 2021 | 11:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Lutut sakit saat naik tangga atau saat mendaki tanjakan bisa disebabkan oleh banyak hal, yang seringnya bahkan tidak Anda sadari. Sebelum periksa ke dokter, cari tahu dulu apa kemungkinan penyebabnya agar Anda juga bisa tahu pilihan pengobatan yang mungkin tersedia.

Apa penyebab lutut sakit saat naik tangga?

image0

Dalam dunia medis, kondisi yang menyebabkan lutut sakit hanya saat menaiki tangga atau mendaki tanjakan disebut dengan chondromalacia. Chondromalacia terjadi ketika tulang rawan yang berada di bawah tempurung lutut melunak dan lama kelamaan menipis. Padahal tulang rawan tersebut sangat penting menjadi bantalan pencegah gesekan antar tulang yang bertemu di lutut (tulang paha, tulang kering, dan tempurung lutut/patella).

Ketika tulang rawan ini rusak atau aus, tulang-tulang kaki akan saling bergesekan sehingga menyebabkan rasa nyeri ketika kaki ditekuk dan diluruskan, seperti saat naik turun tangga, menanjak, hingga saat berlutut dan jongkok serta saat beranjak dari posisi-posisi tersebut. Sendi lutut berbunyi yang terdengar seperti “krek” saat ditekuk.

TAGS:
kesehatananak tangga

RELATED STORIES

Loading interface...