NASA Kehilangan Kontak dengan Pesawat Ruang Angkasa Cassini!
Foto: Independent
Internasional

NASA Kehilangan Kontak dengan Pesawat Ruang Angkasa Cassini!

Kamis, 27 Apr 2017 | 08:39 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - NASA telah kehilangan kontak dengan Cassini, pesawat ruang angkasa kecil yang saat ini terbang melalui cincin Saturnus. Insinyur dan ilmuwan harus menunggu sehari penuh sebelum mereka tahu apakah pesawat tersebut berhasil lolos dari penyelamannya yang pertama melalui tepian atmosfer Saturnus, karena sekarang tidak bisa lagi dihubungi.

Menyelam adalah acara pertama Cassini "Grand Finale", yang akan melihatnya terbang lebih dekat ke Saturnus sampai hancur oleh suasananya sendiri. Tapi masing-masing penyelaman itu berbahaya, dan bisa menyebabkan kerusakan atau penghancuran kapal Cassini.

Terbang begitu dekat dengan cincin dan awan Saturnus memungkinkan ilmuwan untuk menangkap informasi di planet ini pada tingkat yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi itu juga membahayakan kapal saat bergerak di sekitar planet ini.

Bahaya itu terjadi karena kapal tersebut terbang di atas 70.000 mil per jam saat bergerak melalui cincin saturnur, saat ini ilmuwan tidak berhubungan dengan kapal tersebut. Untuk mencoba dan meminimalkan risiko, para ilmuwan mengarahkan antena besar yang akan mengirim pesan kembali ke arah perjalanan, menggunakan perisai dan menyebabkan Cassini kehilangan sentuhan.

Jarak yang sempit adalah wilayah yang tidak pernah dilalui oleh pesawat ruang angkasa. Jadi para ilmuwan mengambil keputusan untuk memindahkan antena yang tingginya sekitar 13 kaki agar tidak rusak saat menyelam pertama.

Para ilmuwan mengharapkan sesuatu yang ditemukan dri kapal sekecil partikel asap, namun membuat keputusan tersebut sebagai tindakan pencegahan. Mereka akan melihat data dari instrumen Cassini setelah kembali terhubung, untuk mengetahui ukuran dan kepadatan partikel apapun dan untuk memahami apakah langkah yang sama perlu dilakukan di masa depan.

Ini tidak akan kembali berhubungan dengan jaringan luar angkasa NASA sebelum pagi hari tanggal 27 April, meskipun mungkin akan memakan waktu lebih lama lagi. Dengan demikian, sudah offline selama lebih dari satu hari.

Ketika sudah kembali berhubungan, para ilmuwan akan dapat memeriksa kesehatan pesawat dan memastikannya dapat bertahan sampai 15 September, ketika direncanakan untuk mengakhiri penurunan yang fatal.

Mereka berharap dapat melihat informasi dan citra tersebut selama bertahun-tahun yang akan datang,melanjutkan pembuatan karya Cassini selama puluhan tahun untuk memberikan pengetahuan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang plantetetangga dekat kita.

TAGS:
NASApesawat ruang angkasapesawat Cassinikehilangan kontak

RELATED STORIES

Loading interface...