Negatif Corona, 10 Makam dengan Protap Covid-19 Dibongkar Kembali

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Negatif Corona, 10 Makam dengan Protap Covid-19 Dibongkar Kembali
Foto: Detikcom

Winnetnews.com -  Sekitar 10 makan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut dibongkar kembali setelah hasil laboratorium menyyatakan jenazah negatif Covid-19.

Seperti diketahui, TPU Cikadut menjadi tempat yang dikhususkan untuk  jenazah pasien Covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat. Sekitar 70 jenazah telah dimakamkan di sana denga protap Covid-19.

"Di TPU Cikadut Sekarang lebih kurang sudah 70-an yang sudah dimakamkan di sana," kata Sekretaris Dinas Tata Ruang (DTR) Kota Bandung Agus Hidayat di Balai Kota Bandung, Jumat (3/7/).

Namun Agus menjelaskan, tak semua yang telah dimakamkan di TPU Cikadut dinyatakan positif Covid-19, beberapa telah meninggal sebelum hasil tes keluar.

"Karena ketentuan kesehatan, 4 jam setelah kematian harus sudah dimakamkan. Ada yang masih PDP. Intinya yang dilakukan dengan prosedur Covid-19 belum tentu positif," kata Agus.

Dia mengatakan, diperkirakan hanya sekitar 40 jenazah yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebelum meninggal.

Agus mengungkapkan tak sedikit keluarga yang kemudian mengambil kembali jenazah yang telah dikubur usai hasil tes keluar dan dinyatakan negatif Covid-19. Pihak keluarga lalu memindahkan jenazah ke tempat pemakaman keluarga atau umum yang lain

"Ada sekitar 10 jenazah. Digali lagi, karena ahli warisnya minta. Ada yang dipindah ke Subang, Sumedang," kata Agus.

 Agus menegaskan, pihak DTR Kota Bandung tidak bisa melarang pihak keluarga untuk mengambil kembali jenazah meski pun telah dimakamkan dengan protap Covid-19.

"Ya, kalau negatif kita tidak bisa melarang. Syaratnya harus ada keterangan negatif dari rumah sakit," jelasnya..

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...