Nikmatnya Janda Mangandang, Tak Seindah Kisah Pilunya
Kue janda mangandang. (Foto: Netralnews)
Traveling

Nikmatnya Janda Mangandang, Tak Seindah Kisah Pilunya

Kamis, 2 Jul 2020 | 15:54 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Jangan salah persepsi dulu ya saat membaca judul tulisan di atas, hehe... Kue janda mangandang merupakan kue tradisional yang mungkin jarang terdengan di telinga kita.

Padahal, kue janda mangandang ini berada di Provinsi DKI Jakarta lho, tepatnya di Kepulauan Seribu. Bagi sebagian orang yang pernah berlibur ke Kepulauan Seribu pasti pernah menikmati kue ini.

Dilansir dari GenPi, Jum'at (26/6), kue janda mangandang mengandung campuran tepung beras, sagu, serta ampas kelapa. Tak heran jika kenikmatannya sungguh takendol surendol puol deh.

Tiga bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan dan kemudian dikukus. Ketika matang, jangan lupa siapkan lelehan gula merah sebagai pelengkap, langsung cocol deh.

Nah, konon kabarnya ada kisah di balik nama kue ini. Kue janda mangandang ini rupanya dibuat sebagai bekal untuk para suami yang pergi melaut. Pastinya, ketika melaut tak tahu kapan pulang dan kembali ke rumah.

Kue ini diberi nama seperti ingin melukiskan bahwa para istri pelaut ibarat “para janda” yang ditinggal suami. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut resep kue janda mengandang, dilansir dari laman budaya-indonesia.org:

Bahan:

200 Gram tepung beras
30 Gram sagu
188 Gram kelapa parut dibuat santan 200 ml. Ampas kelapa dikukus 
Garam secukupnya
60 Gram gula pasir
Vanili secukupnya
100 Gram gula merah rebus dengan 200 ml air

Cara membuat:

Campur tepung beras, sagu, garam, gula pasir, vanili, dan santan. Aduk hingga rata. Kemudian bentuk menjadi beberapa bagian, lalu dikukus hingga matang .

Selanjutnya, rebus gula merah dengan air, saring. Kue janda mangandang siap disantap. Saat menyantapnya, dengan cara mencelupkan ke dalam larutan gula merah. Kemudian dicocol ke ampas kelapa.

TAGS:
kuejanda mangandangkepulauan seribu

RELATED STORIES

Loading interface...