Nokia P1 Siap Untuk Saingi iPhone?
ilustrasi
Gadget

Nokia P1 Siap Untuk Saingi iPhone?

Kamis, 19 Jan 2017 | 14:21 | Rusmanto

WinNetNews.com - Nokia 6 baru saja diluncurkan. Tidak lama kemudian, mulai beredar informasi tentang Nokia P1. Menurut rumor yang beredar, Nokia P1 akan memanfaatkan koneksi yang Nokia miliki untuk mendesain ponsel itu pada Sharp Aquos Xx3.

Saat ini, tidak banyak pengguna iOS yang mau berganti ke smartphone Android. Karena itu, menurut Slash Gear, jika sebuah smartphone Android ingin disejajarkan dengan iPhone, maka ia tidak hanya harus menawarkan performa yang sama baiknya, tapi juga harga yang tidak terlalu mahal.

Inilah beberapa kabar yang memunculkan rumor Nokia P1 akan menjadi smartphone sekelas iPhone.

Intensitas layar

Nokia P1 akan menggunakan basis Sharp Aquos Xx3. Sebelum diakuisisi Foxconn, Sharp memang dikenal dengan layarnya. Nokia P1 diperkirakan akan menggunakan layar IGZO sebesar 5,3 inci dengan teknologi radikal, seperti refresh rate 120Hz. Jika smartphone ini sama seperti Sharp Aquos Xx3, ia akan menggunakan Corning Gorilla Glass 4 atau 5 dengan resolusi 1920x1080.

Dua versi

Dikabarkan Nokia P1 akan tersedia dalam 2 versi dengan bodi yang memiliki bahan yang berbeda. Versi pertama dari Nokia P1 disebutkan akan terbuat dari kaca dengan rangka metal dan memori internal 128GB. Sementara versi kedua disebutkan akan memiliki memori internal 256GB dengan bodi terbuat dari keramik, serupa iPhone 7 Plus berwarna Jet Black.

Qualcomm Snapdragon 835

Sama seperti rumor Nokia 8, perangkat ini dikabarkan sudah akan menggunakan Snapdragon 835 dari Qualcomm. Jika Nokia P1 memang benar akan dirilis, ada kemungkinan ia akan menjadi salah satu smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 835 yang dirilis pada CES 2017.

Fitur antiair

Sementara Google Pixel hanya memiliki sertifikasi IP35 untuk fitur antiair dan antidebu, Nokia P1 dikabarkan akan memiliki sertifikasi IP55 atau IP57. Itu berarti, Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakannya saat hujan. Ia bahkan bisa dimasukkan ke dalam air tanpa ada masalah.

Kamera

Kamera 22,6 MP dari Sharp Aquos Xx3 dikabarkan juga akan ditemukan pada Nokia P1. Itu berarti, ia akan mampu melakukan digital zoom, dilengkapi dengan AF, OIS dan f/1.0 serta kemampuan merekam video 4K. Kemungkinan, ia juga akan menggunakan prosesor image terbaru dari Sony.

Dengan memori internal yang besar dan dukungan slot micro SD -- yang disebutkan bisa menampung hingga 200GB -- pengguna akan bebas untuk merekam video dan mengambil foto dengan resolusi besar.

Kepemilikian Foxconn atas Sharp

Akuisisi Sharp oleh Foxconn berarti mereka memiliki hak atas ponsel yang dibuat oleh Sharp. Karena itu, ponsel yang sebelumnya dirilis oleh Sharp kini bisa muncul sebagai smartphone bermerek Nokia. HMD memiliki lisensi atas merek Nokia dan menggunakan divisi Foxconn, FIH Mobile untuk melakukan manufaktur perangkat mereka.

Jika begitu banyak merek terkenal bekerja sama, kemungkinan, smartphone yang dihasilkan akan menjadi sesuatu yang luar biasa.

Satu hal yang kurang menarik dari Nokia P1 adalah harganya yang kemungkinan akan sangat tinggi. Dengan tingginya spesifikasi yang dikabarkan dimiliki oleh smartphone tersebut, kemungkinan smartphone ini akan dihargai sekitar USD800-950 (Rp10,6-12,6 juta).

Nokia P1 juga disebutkan memiliki baterai 3.500 mAh dengan pemindai sidik jari. Kemungkinan, informasi lebih lengkap dari smartphone ini akan diumumkan pada MWC 2017.

TAGS:
Nokia p 1 androidsmartphoneinternetcomputingpersonal technology

RELATED STORIES

Loading interface...