Nonton Bola Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaatnya
ilustrasi
Kesehatan

Nonton Bola Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaatnya

Selasa, 20 Agt 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Masyarakat Indonesia dikenal luas gemar menonton acara sepak bola. Tak hanya menonton secara langsung, kita juga terbiasa menontonnya di acara televisi. Meski terlihat sebagai sesuatu yang tidak produktif, pakar kesehatan menyebut kebiasaan menonton sepak bola ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kondisi tubuh lho.

Manfaat menonton sepak bola

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Leeds, Inggris, menghasilkan fakta bahwa menonton sepak bola ternyata bisa memberikan manfaat yang sama sebagaimana saat kita berolahraga dengan durasi yang sama dengan laga sepak bola, yakni 90 menit. Fakta ini ditemukan setelah para penelti mengecek 25 partisipan yang dikenal gemar menonton pertandingan sepak bola.

Para partisipan ini menonton tiga pertandingan. Selama menontonnya, denyut jantung para partisipan meningkat hingga 130 kali setiap menit atau sekitar 64 persen. Kondisi ini setera dengan yang terjadi saat kita melakukan jalan cepat selama 90 menit. Jika tim yang didukung mendapatkan kemenangan, tekanan darah akan menurun dan bisa mendorong perbaikan kesehatan psikis selama beberapa hari.

“Bagi penggemar sepak bola, menonton pertandingan bisa menjadi hal yang sangat seru untuk dilakukan. Selama menontonnya, denyut jantung akan meningkat hingga 20 detak per menit,” ucap dr. Andrea Uttley yang memimpin penelitian ini.

TAGS:
nonton bolakhasiat

RELATED STORIES

Loading interface...