Normalkah Bila Sering Merasa Lelah Saat Hamil?
ilustrasi
Kesehatan

Normalkah Bila Sering Merasa Lelah Saat Hamil?

Kamis, 8 Apr 2021 | 09:35 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Selama hamil, Anda mungkin mengalami sejumlah masalah menjengkelkan yang tidak berbahaya namun tetap bikin tidak nyaman beraktivitas. Salah satu masalah yang paling umum dikeluhkan wanita hamiladalah cepat lemas dan kelelahan. Apa sebabnya, dan apakah normal jika Anda terus-terusan merasa lelah saat hamil?

Penyebab cepat lelah saat hamil

Wanita sering merasa cepat lemas dan kelelahan saat hamil karena perubahan hormon selama kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, metabolisme tubuh ibu meningkat yang kemudian memengaruhi peningkatan hormon progesteron.

Tingginya kadar progesteron dalam tubuh inilah yang membuat ibu hamil cepat merasa ngantuk dan kelelahan.

Masa kehamilan juga menyebabkan sejumlah perubahan besar pada fisik ibu. Dimulai dari trimester awal di mana tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyiapkan plasenta.

Plasenta membantu menyalurkan segala macam dukungan gizi bagi pembentukan sel-sel janin, kemudian rasa lelah itu bisa muncul kembali di trimester akhir kehamilan.

Sekitar usia kehamilan 30-34 minggu, perut ibu yang makin membesar memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuhnya sehingga ibu merasa cepat lelah saat hamil.

Bahkan, Anda juga rentan mengalami kaki kram dan sakit pinggang di masa-masa ini sebagai akibatnya. Di usia kehamilan ini, bayi juga sudah aktif bergerak dan menendang perut, yang membuat ibu merasa tidak nyaman.

Terlepas dari berbagai perubahan hormon dan fisik selama kehamilan, ibu rentan mengalami lelah saat hamil karena dipengaruhi oleh stres dan kegelisahan menanti persalinan.

Kondisi psikologis ini dapat mengurangi waktu istirahat sehingga bumil cenderung merasa lelah.

Rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil bisa berbeda-beda. Ada yang merasa sangat lelah, dan ada juga yang tidak bergitu merasakannya.

Biasanya rasa lelah saat hamil lama kelamaan akan berkurang pada minggu ke 12 sampai minggu ke 14.

Setelah melewati minggu tersebut, energi Anda bisa kembali normal lagi sehingga Anda merasa lebih fit dan bertenaga.

TAGS:
kesehatankehamilankelelahan

RELATED STORIES

Loading interface...