Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik, Ini Nih Tips Mengatasinya

Muchdi
Muchdi

Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik, Ini Nih Tips Mengatasinya ilustrasi

WinNetNews.com - Mudik atau pulang ke kampung halaman menjelang hari raya Idul Fitri, menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika 3 hari menjelang lebaran, stasiun, bandara hingga beberapa jalur mudik akan dipenuhi para calon pemudik.

Salah satu masalah yang sering muncul terutama bagi pemudik yang menggunakan kereta, bus atau kendaraan pribadi adalah nyeri pinggang dan kaki kesemutan akibat terlalu lama duduk. Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mengalami hal tersebut adalah bisa melakukan sedikit teknik Akupresur.

Akupresur merupakan salah satu jenis atau cara perawatan kesehatan tradisional yang dilakukan melalui teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur dengan menggunakan jari atau bagian tubuh lain atau alat bantu yang berujung tumpul dengan tujuan untuk perawatan kesehatan.

Salah satu staf dari  Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH saat ditemui, seperti dikutip dari situs VIVA, Jakarta, ditulis senin (11/6/2018), memberikan beberapa langkah akupresur untuk mengatasi nyeri pinggang.

Guna mengatasi nyeri pinggang dapat dilakukan dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya di pinggang sejajar dengan pusar, selebar dua jari tangan ke samping kiri dan kanan dari garis tubuh.

Pemijatan dilakukan dengan penekanan selama 30 hitungan. Untuk penekanan itu sendiri dijelaskan oleh dr. Neilwan jangan sampai membuat diri sendiri atau orang lain merasa sakit.

"Kadang orang merasa kalau ditekan kencang bilang wah ini nih penyakitnya, padahal bukan seperti itu. Penekanan itu batas maksimalnya bisa terlihat dari adanya perubahan warna kuku," ujarnya menjelaskan.

Selain di area pinggang, mengatasi nyeri pinggang juga bisa dilakukan di area pertengahan lipatan lutut. Dengan cara lipat lutut bagian belakang kemudian tekan sebanyak 30 tekanan (hitungan). Selain itu, di area pertemuan antara betis bagian luar dan bagian dalam (tengah) kemudian ditekan sebanyak 30 tekanan.

Metode di atas selain dapat mengatasi nyeri pinggang ternyata, metode tersebut bisa mengatasi kaki kesemutan. "Itu bisa mengatasi gejala kesemutan. Selain itu untuk mengatasi kesemutan yang sering terjadi adalah bisa sedikit berjalan di area gerbong kereta atau bus."