Pasukan Irak Berhasil Rebut Tal Afar dari ISIS

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Pasukan Irak Berhasil Rebut Tal Afar  dari ISIS
Foto: CNN

WinNetNews.com - Pasukan Irak berhasil merebut kembali pusat kota Tal Afar dari pejuang ISIS. Pemerintah akhirnya bisa mengendalikan kota penting itu untuk memerangi kelompok teror tersebut.

Tal Afar direbut oleh ekstremis pada 16 Juni 2014, setelah pertempuran dua hari.

Menjaga kota barat laut merupakan tujuan terakhir dalam perang melawan ISIS. Kota ini strategis dan penting karena terletak pada jalur pasokan antara Syria dan bekas benteng ISIS Mosul.

Serangan dimulai seminggu yang lalu. Beberapa divisi keamanan Irak, termasuk pasukan kontraterorisme Amerika yang terlatih, maju ke kota dari berbagai sisi.

Komandan operasi tersebut, Letnan Jenderal Abdulmanir Yarallah, mengatakan bahwa hanya satu daerah kantong di sebelah barat laut pusat kota yang berada di bawah kendali ISIS.

Juru bicara Komando Bersama Militer Irak Brig. Jenderal Yahya Rasool mengatakan bahwa dua divisi militer Irak sekarang maju menuju daerah kantong yang diduduki ISIS, al-Aidiya, dan desa-desanya di sekitarnya, seperti dikutip dari CNN.

Tal Afar adalah kota terakhir yang masih berada di bawah kendali militan ISIS di provinsi Nineveh Irak setelah pembebasan Mosul, sekitar 45 mil ke timur.

Namun ada kekhawatiran bahwa pejuang ISIS dapat kembali ke kota tersebut, lebih dari sebulan setelah Mosul dinyatakan dibebaskan.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Yarallah mengatakan bahwa pasukan kontraterorisme telah menaikkan bendera Irak di daerah pusat The Citadel dan al-Basateen.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...