Pelantikan Semakin Dekat, Tjahjo Kumolo Himbau Masyarakat Indonesia Sholat Jumat Doakan Jokowi-Ma’ruf
Tjahjo Kumolo (foto: Republika)
Politik

Pelantikan Semakin Dekat, Tjahjo Kumolo Himbau Masyarakat Indonesia Sholat Jumat Doakan Jokowi-Ma’ruf

Rabu, 16 Okt 2019 | 09:25 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memohon kepada seluruh bupati dan wali kota seluruh Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia beribadah sholat Jumat (18/10) untuk mendoakan kelancaran pelatikan Jokowi-Ma’ruf pada 20 Oktober mendatang.

Himbauan Tjahjo ini tertuang dalam surat edaran yang menghimbau semua warga di berbagai daerah untuk berdoa bersama demi keselamatan bangsa oleh Komunitas Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan di Lapangan Monas pada Jumat mendatang.

“Mendorong partisipasi aktif warga masyarakat secara ikhlas untuk melaksanakan doa bersama demi keselamatan bangsa dan kehidupan bermasyarakat yang rukun dan harmonis lahir batin dan mendoakan kelancaran pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia serta mendoakan kepemimpinan nasional 2019-2024 untuk Indonesia maju dan sejahtera,” tulis Poin 1 dalam surat edaran, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (16/10).

Surat edaran bernomor 111/11285/SI tentang Imbauan Melaksanakan Kegiatan Doa Bersama dan diterbirkan pada Selasa (15/10). Adanya surat himbauan ini dibenarkan oleh Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

Pada Poin 2 di surat edaran tersebut, dijelaskan bahwa acara doa bersama dapat dilakukan di berbagai tempat ibadah yang berbeda, sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

“Bagi umat yang beragam Islam doa bersama dapat dilaksanakan bersamaan dengan Shalat Jumat,” bunyi Poin 3 surat edaran.

Sementara itu, pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin akan digelar di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10) mendatang. Pasangan presiden dan wakil presiden terpilih ini akan dilantik oleh MPR yang diketuai oleh Bamsoet.

Untuk mencegah timbulnya kericuhan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 31 ribu aparat gabungan untuk mengamankan prosesi pelantikan presiden-wakil presiden. Keseluruhan aparat tersebut akan dibagi menjadi tiga ring pengamanan. Ring pertama yaitu Gedung DPR yang merupakan lokasi pelantikan dan akan dijaga oleh Paspampres. Kemudian ring kedua yakni seputar Gedung DPR yang akan dikawal oleh Polri dan TNI. Sementarad ring ketiga, berlokasi di kawasan sekitar Gedung DPR akan dijaga personel Polri dan TNI.

TAGS:
Tjahjo KumoloJokowiJoko WidodoMa'ruf Aminpelantikan Presiden dan Wakil Presiden

RELATED STORIES

Loading interface...