Pembuat Video Adu Domba TNI-Polri Dihukum 6 Tahun Penjara
(Foto: Kompas)
News

Pembuat Video Adu Domba TNI-Polri Dihukum 6 Tahun Penjara

Selasa, 14 Mei 2019 | 08:05 | Daniel

Winnetnews.com - Setelah kasus video “penggal kepala Jokowiviral di dunia media sosial, kini ada lagi sebuah video yang bermuatan sama yakni ujaran kebencian. Seorang warga asal Cirebon berinisial IAS, membuat sebuah video yang mengadu domba TNI dan Polri.

Selain video yang berbau adu domba, IAS juga memiliki indikasi menghasutt dan menyebarkan hoaks melalui video tersebut. Namun Polres Cirebon dengan sigap sudah mengamankan pelaku di kediamannya di Blok Kolem Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan sehari setelah video tersebut tersebar dan menjadi viral di dunia maya, pihak Polres Cirebon langsung menangkap IAS. Video itu diunggah pada Minggu 12 April 2019, dan ia ditangkap kemarin Senin 13 April 2019.

“Iya sudah ditetapkan menjadi tersangka dan kami sekarang masih mendalami motif dan tujuannya,” ujar AKBP Suhermanto seperti dilansir dari Liputan6.

Atas tindakannya tersebut IAS dijerat dengan Pasal 45 A ayat 2 Junto pasal 28 ayat 2 UU RI no 19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 15 UU RI no 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta.

TAGS:
ujaran kebencianviralTNIPolrihoaks

RELATED STORIES

Loading interface...