Pemegang Saham Minta Zuck Mundur dari <em>Chairman Facebook</em>
istimewa
Techno

Pemegang Saham Minta Zuck Mundur dari <em>Chairman Facebook</em>

Rabu, 1 Agt 2018 | 00:10 | Rusmanto

WinNetNews.com - Facebook dan sang CEO Mark Zuckerberg sedang kelimpungan beberapa bulan terakhir ini. Berbagai isu mulai dari skandal privasi sampai pendapatan yang sempat merosot, mempengaruhi kepercayaan para pemegang saham Facebook. 

Karena hal-hal ini, sejumlah pemegang saham yang sudah tidak mempercayai Zuck, memintanya mengundurkan diri dari kursi Chairman Facebook.

Seperti dikutip dari Esquire, Selasa (31/7/2018), beberapa pemegang saham telah mengajukan proposal yang akan memisahkan peran chairman dan CEO di Facebook. Kedua posisi itu, saat ini dipegang oleh Zuckerberg. 

"Seorang CEO yang juga memegang peran sebagai Chairman memberikan pengaruh berlebih terhadap agenda perusahaan, sehingga memperlemah pengawasan manajemen," tulis mereka dalam proposal Trillium Asset Management

Sebagai CEO dan Chairman, Zuck memegang sekitar 60% dari hak voting di Facebook. "Memecah posisi antara CEO dan Chairman akan menyelesaikan masalah ini," lanjut isi proposal tersebut.

Proposal itu menyebutkan, kurangnya pengawasan manajerial di Facebook telah berkontribusi dalam kesalahan penanganan dalam konflik-konflik penting yang selama ini terjadi di Facebook, termasuk skandal privasi yang melibatkan Cambrigde Analytica dan skandal Facebook dengan Russia.

Dua minggu terakhir ini memang cukup sulit untuk Facebook. Saham Facebook turun hingga 20% minggu lalu, setelah situs itu melaporkan lambatnya pertumbuhan pengguna kepada para pemegang saham. 

Hal ini menurunkan nilai Facebook hingga 11,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp 217, 7 triliun dan menurunkan jumlah kekayaan Zuckerberg secara drastis. (detikcom)

TAGS:
FacebookMark ZuckerbergChairman FacebookTrillium Asset ManagementCambrigde Analytica

RELATED STORIES

Loading interface...