Pemerintah Daftarkan Lebih 1000 Pulau ke PBB
istimewa
Nasional

Pemerintah Daftarkan Lebih 1000 Pulau ke PBB

Rabu, 18 Jan 2017 | 15:50 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pemerintah telah memberi nama bagi 1.106 pulau yang selama ini tak bernama.Nama pulau-pulau itu juga didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Itu yang sudah siap didaftarkan ke PBB, ada 1.106," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (18/1/2017).Sebenarnya, masih ada sebanyak 2.800 pulau lagi yang belum bernama dan belum didaftarkan.

Saat ini, pemerintah masih menyiapkan nama pulau-pulau tersebut untuk juga didaftarkan ke PBB.Selain penamaan dan pendaftaran pulau-pulau terpencil di Indonesia, pemerintah juga akan membuat sertifikat bagi 111 pulau terluar."Supaya tidak diambil oleh siapapun orangnya," ujar Susi.

Susi menampik jika penamaan, pendaftaran ke PBB serta pembuatan sertifikat itu adalah dalam rangka membuka pulau- pulau itu untuk investasi. Menurut dia, hal itu bukan satu- satunya tujuan."Bahwa investasi akan dibuka, ya biasa saja toh. Di pulau besar juga orang bikin resort, bikin agrikultur atau perikanan, apa saja boleh kan, baik asing atau pun dalam negeri," ujar Susi.

"Artinya ya sesuai ketentuan saja. Kalau pulau kecil itu tidak boleh ada sertifikat hak milik, yang ada hak guna pakai, hak guna lahan dan hak guna bangunan," lanjut dia.

TAGS:
nasionalpulau tak bernamaPerserikatan Bangsa Bangsamenteri Susi Pudjiastuti

RELATED STORIES

Loading interface...