Pemerintah Ijinkan Anak Usia Dibawah 12 Tahun Masuk Mal, Amankah?

Rusmanto

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Pemerintah Ijinkan Anak Usia Dibawah 12 Tahun Masuk Mal, Amankah?
istimewa
Winnetnews.com -  Pemerintah melonggarkan aturan bagi pengunjung mal di masa PPKM. Anak umur 12 tahun ke bawah di lima wilayah diperbolehkan masuk mal.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, dalam jumpa pers, Senin (20/9/2021).

Luhut bahwa anak-anak di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua saat masuk mal. Selain itu orang tua juga harus terus mengawasi anaknya.

Pelonggaran ini berlaku di 5 wilayah yakni Jakarta, Bandung, Semarang, DIY, dan Surabaya. Selain memperbolehkan anak masuk mal, bioskop juga diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 50 persen.

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota kota level 3 dan level 2. Namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi Peduli Lindungi serta penerapan kesehatan yang ketat kategori kuning dan hijau dapat masuk di area bioskop," beber Luhut.

Sebelumnya, pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 Indonesia melarang anak-anak di bawah umur 12 tahun bepergian di dalam negeri terhitung sejak 11 Agustus 2021. Larangan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan virus Corona.

Sama seperti dewasa, anak-anak juga berisiko tertular Corona. Berbeda dengan dewasa, sebagian besar anak-anak terkadang tidak menunjukkan gejala atau hanya mengalami gejala ringan saat terinfeksi COVID-19.

Meski demikian ada pula yang menjadi sakit parah akibat COVID-19. Mereka mungkin perlu dirawat di rumah sakit, dirawat di unit perawatan intensif atau ditempatkan pada ventilator untuk membantu pernapasan.

Berada di tempat umum seperti mal bukan tidak mungkin menempatkan anak pada penularan COVID-19. Orang tua perlu waspada dan sebisa mungkin menjaga anak agar tidak sampai tertular atau bahkan menularkan penyakit tersebut ke orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk Mal, Yakin Aman?"
 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...