Pemerintah Perpanjang Pemberian Bansos hingga Desember 2020
Foto: Merdeka.com
News

Pemerintah Perpanjang Pemberian Bansos hingga Desember 2020

Rabu, 3 Jun 2020 | 14:51 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pemerintah mengumumkan akan memperpanjang penyaluran bantuan sosial (bansos) hingga Desember 2020. Sebelumnya pemberian bansos hanya  dilakukan selama 3 bulan terkait dengan dampak virus corona (Covid-19) terhadap masyarakat.

Dikarenakan, pandemi yang juga belum usai maka pemerintah memutuskan untuk memperpanjangnya.

"Ada hal yang tadi diputuskan oleh sidang kabinet, yakni untuk bansos yang selama ini diberikan dalam bentuk sembako, pertama, bansos ini diperpanjang sampai Desember," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas, Rabu (3/6).

Namun, ia menjelaskan, bansos  berupa sembako untuk masyarakat Jabodetabek akan mengalami penurunan nominal. Sebelumnya jumlah yang diterima ialah senilai Rp 600.000 per kepala keluarga (KK) per bulan, ketika masa perpanjangan akan menjadi Rp 300.000 per KK per bulan.

Selain itu, perpanjangan juga dilakukan untuk bansos tunai yang diberikan bagi masyarakat non Jabodetabek

"Presiden juga memutuskan penyaluran bansos ini akan dilakukan secara tunai noncash. Akan dilakukan transfer ke nama dan akun mereka sesuai dengan data di Kemensos atau kerja sama dengan Pemda," terang Sri.

Penerapannya akan berlaku bagi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Penerima BLT Dana Desa juga akan diperpanjang hingga Desember dengan nilai manfaat Rp 300.000 per KK per bulan.

"Ini sudah mencakup 40% dari masyarakat. Itu adalah dukungan yang diberikan pemerintah untuk menahan daya beli agar tidak menurun akibat Covid-19 dan merosotnya kegiatan ekonomi terutama di level masyarakat akar rumput," jelas Sri.

 

TAGS:
bansospandemi coronaMenteri KeuanganSri Mulyani

RELATED STORIES

Loading interface...