Pemerintah Perpanjang PPKM Level 2 Hingga 4, Amankah Bila Dine In di Mal?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Pemerintah Perpanjang PPKM Level 2 Hingga 4, Amankah Bila Dine In di Mal?
ilustrasi
Winnetnews.com -  Pemerintah menerapkan perpanjangan PPKM darurat level 2 hingga 4 di Jawa-Bali, direncanakan hingga 23 Agustus 2021. Dalam perpanjangan ini, terdapat sejumlah perubahan, salah satunya uji coba pelonggaran aturan makan di restoran dalam mal atau dine in di kabupaten/kota dengan level PPKM 3 dan 4.

Dalam uji coba tersebut, pemerintah meningkatkan kapasitas pengunjung mal dari 25 persen menjadi 50 persen dengan jam operasi 10.00-20.00 WIB. Selain itu, pengunjung diperbolehkan makan di restoran dengan batasan pengunjung per meja, serta dibatasi waktu maksimal 30 menit.

"Selain itu, pemerintah juga meningkatkan kapasitas pusat perbelanjaan mal menjadi 50 persen dan memberikan akses dine in (atau) makan di tempat sejumlah 25 persen, atau hanya 2 orang per meja pada pusat perbelanjaan dan mal selama seminggu ke depan di wilayah level 4 yang melakukan uji coba dan di wilayah level 3," ujar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers virtual Evaluasi PPKM, Senin (16/8).

Amankah makan di restoran?

Makan di restoran menjadi salah satu aktivitas yang mendapat perhatian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) terkait risiko penularan virus Corona.

Pasalnya di restoran atau bar, aktivitas kerap berlangsung dengan jarak fisik antar pengunjung atau pelayan kurang dari dua meter.

Dikutip dari laman CDC, berikut level-level risiko penularan virus Corona pada aktivitas restoran:

  • Risiko paling rendah: Layanan pesan makanan terbatas pada drive-through, pengiriman, take-out, dan pengambilan di tepi jalan.
  • Risiko lebih banyak: Drive-through, pengiriman, take-out, dan pengambilan di tepi jalan diutamakan. Pengunjung makan di meja luar ruangan (outdoor), dengan pengurangan kapasitas pengunjung agar setiap meja bisa berjarak minimal 2 meter.
  • Risiko lebih tinggi: Makan di tempat dengan batasan kapasitas pengunjung dan jarak 2 meter antar meja di dalam ruangan, atau meja di luar ruangan namun tidak diberi jarak 2 meter.
  • Risiko paling tinggi: Makan di tempat dengan meja dalam ruangan, kapasitas tempat duduk tidak dibatasi dan meja tidak berjarak minimal 2 meter.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengunjung Mal Boleh Dine In, Amankah? Ini Level Risikonya Menurut CDC"

 

 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...