Pemerintah Resmi Ubah Formula Penghitungan Upah Buruh
Ilustrasi
Nasional

Pemerintah Resmi Ubah Formula Penghitungan Upah Buruh

Senin, 22 Feb 2021 | 11:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, yang merupakan aturan turunan Undang-undang Nomor 11 Cipta Kerja (UU Ciptaker).

Dalam aturan tersebut, pemerintah mengubah rumus penghitungan upah bagi pekerja. Kini, upah minimum ditentukan berdasarkan satuan waktu, dan satuan hasil.

"Upah berdasarkan satuan waktu sebagaimana dimaksud ditetapkan secara per jam, harian dan bulanan," tulis pasal 15 dalam PP nomor 36/2021 tentang pengupahan.

Lebih lanjut, dalam Pasal 16 dijelaskan, penetapan upah per jam ini hanya diperuntukkan untuk pekerja atau buruh yang bekerja secara paruh waktu atau jamak disebut 'part time'. Selain itu disebutkan juga upah per jam dibayarkan berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja atau buruh. 

Kesepakatan upah per jam juga tidak boleh lebih rendah dari formula yang telah ditetntukan.

"Formula perhitungan upah per jam yaitu upah per jam sama dengan upah sebulan dibagi 126," mengutip pasal 16.

Angka penyebutan formula perhitungan upah per jam juga dapat dilakukan peninjauan jika terdapat  perubahan median jam kerja buruh/pekerja paruh waktu secara signifikan. Peninjauan nantinya akan dilakukan dan ditetapkan hasilnya oleh menteri dengan pertimbangan hasil kajian yang dilaksanakan oleh dewan pengupahan nasional.

Sementara untuk pengupahan harian, perhitungannya diatur dalam Pasal 17, sebagai berikut:

1. Bagi perusahaan dengan sistem waktu kerja enam hari dalam seminggu, upah sebulan dibagi 25, atau

2. Bagi perusahaan dengan sistem waktu kerja lima hari dalam seminggu, upah sebulan dibagi 21

Tak hanya mengatur soal upah per jam, turunan UU Cipta Kerja ini juga tetap mengatur soal upah minimum pekerja.

Dalam Pasal 25, disebutkan upah minimum terdiri dari upah minimum provinsi dan upah minimum kabupaten/kota dengan syarat tertentu. Upah minumum ini ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan.

TAGS:
buruhupah buruhuu cipta kerja

RELATED STORIES

Loading interface...