Pemerintah Terapkan PPKM Mikro di Seluruh Provinsi Indonesia Mulai 1 Juni

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 5 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Pemerintah Terapkan PPKM Mikro di Seluruh Provinsi Indonesia Mulai 1 Juni
Ilustrasi PPKM mikro (Foto: ANTARA)

Winnetnews.com -  Pemerintah memutuskan untuk menerapkan PPKM skala mikro di seluruh provinsi Indonesia mulai 1 Juni 2021. Kebijakan ini menyusul lonjakan kasus aktif Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan adanya kenaikan kasus aktif sebesar 5 ribu per hari setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan.

"Kasus harian mengalami sedikit peningkatan di kisaran 5 rb per hari. sebelumnya sempat turun di 3800-400. Kemudian kasus aktif nasional memang kalo per 5 Februari turunnya minus 47 persen," kata Airlangga, Senin (24/5).

"Namun tadi kita sampaikan bahwa yang perlu diperhatikan dalam siklus 4-5 minggu ke depan, karena sebagai contoh pada natal tahun baru kasus tertinggi naik pada 5 Februari," sambungnya.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan ada 10 provinsi yang mengalami lonjakan kasus aktif. Provinsi-provinsi itu di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku dan Maluku Tengah.

"Dari provinsi non PPKM Gorontalo dan Maluku Utara mengalami kenaikan kasus itu. Oleh karena itu untuk PPKM mikro selanjutnya 1-14 Juni mendatang maka Gorontalo, Maluku, Maluku Utara diikutsertakan, ditambah provinsi Sulawesi Barat," kata dia.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...