Pemerintahan Amerika Serikat <em>Shutdown</em>, Ini Dampaknya
Foto:Istimewa
News

Pemerintahan Amerika Serikat <em>Shutdown</em>, Ini Dampaknya

Senin, 22 Jan 2018 | 11:23 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Setelah pemerintahan Amerika Serikat resmi ditutup pada Sabtu 19 Januari 2018, berdampak pada sejumlah departemen di negeri maju tersebut. Dikutip dari BBC, pemerintah gagal mendapatkan 60 suara dari para senator untuk menunda penutupan layanan pemerintah hingga 16 Februari. Senator dari Partai Republik sudah mengumpulkan 51 suara namun gagal melobi senator Partai Demokrat untuk mencapai 60 suara.

Berikut sektor-sektor yang akan terpengaruh:

1. Internal Revenue Service

Sebuah rencana penutupan yang diunggah di laman badan perpajakan AS menyebutkan bahwa hampir 44 persen dari 80.565 karyawan IRS akan dibebaskan dari pelanggaran selama penutupan pemerintahan. Hal ini berarti, hampir 45.500 karyawan akan dipulangkan di saat IRS tengah mempersiapkan musim pengajuan pajak menyusul undang-undang pajak baru.


2. Layanan Kesehatan

Lebih dari 80 ribu pegawai kesehatan akan dipulangkan selama ditutupnya pemerintahan.  Namun program-program kesehatan tertentu masih dapat berjalan karena tidak bergantung pada pendanaan Kongres. Di antaranya yakni Medicare, yang menjamin hampir 59 juta lansia dan disabilitas. 

3. Departemen Hukum

Mayoritas dari pegawai Departemen Hukum yang berjumlah sekitar 115 ribu tetap bekerja selama penutupan. Sebab, mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan publik dan nasional. Diantaranya divisi keamanan nasional, pengacara AS, serta sebagian besar anggota FBI. Kasus-kasus kriminal pun berjalan seperti biasa.


4. Departemen Luar Negeri

Selama ditutupnya pemerintahan, masyarakat AS masih bisa mengurus paspor dan visa. Para pegawai juga diminta untuk tetap melaporkan seperti biasa pada Senin 22/1/2018. Akan tetapi, kantor pusat Departemen Luar Negeri AS akan mendata siapa saja pegawai kurang berpengaruh untuk dipulangkan. 

5. Departemen Pertahanan

Militer AS tetap melanjutkan misi peperangan, seperti di Irak, Suriah dan Afghanistan. Akan tetapi anggota militer tidak akan mendapat upah sampai Kongres menyetujui pendanaan dan pemerintah dibuka kembali.

6. Badan Intelijen

Tenaga kerja di 17 badan intelijen AS secara signifikan tidak akan bekerja. Namun karyawan yang dianggap penting dan harus bekerja akan tetap melakukannya walaupun tidak diberi upah. 

 

7. Departemen Keamanan Dalam Negeri

Berdasarkan keterangan dari juru bicara departemen, hampir 90 persen pegawai dianggap penting dan akan tetap menjalankan tugas selama penutupan pemerintah.

8. Departemen Dalam Negeri

Departemen Dalam Negeri AS mengumumkan bahwa taman nasional dan ruang publik lainnya tetap akan dibuka. Kebijakan ini berbeda dibandingkan penutupan sebelumnya yang melarang publik mengunjungi tempat wisata.

9. Departemen Perhubungan

Lebih dari 34.600 pegawai Departemen Perhubungan akan tetap bekerja selama penutupan. Sebagian besar dari mereka merupakan pegawai Administrasi Penerbangan Negara yang mengatur lalu lintas udara.

10. Departemen Perlindungan Lingkungan

Pihak Departemen Perlindungan Lingkungan (EPA) telah menginstruksikan pegawainya untuk datang bekerja minggu depan  terkait penutupan pemerintahan. "Kami memiliki sumber daya yang cukup untuk tetap buka dalam waktu terbatas," tulis petugas administrasi EPA Scott Pruitt dalam sebuah keterangan.
 

TAGS:
Pemerintahan Amerika Serikattutupdampak

RELATED STORIES

Loading interface...