Penderita Diabetes Boleh Makan Mie Instan?
ilustrasi
Kesehatan

Penderita Diabetes Boleh Makan Mie Instan?

Sabtu, 10 Agt 2019 | 16:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Penderita diabetes memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, apalagi mi instan. Jika tidak menerapkan pola makan yang tepat, maka kadar gula akan kacau dan akhirnya berisiko komplikasi.

Apakah Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Mi Instan?

Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak sembarangan dan berlebihan makan mi instan karena bisa memicu obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Kandungan karbohidrat dan lemak di dalam sebungkus mi instan sangat tinggi, namun rendah kandungan lainnya seperti protein, serat, vitamin, serta berbagai macam mineral.

Pakar kesehatan dari American Diabetes Association menyebut penderita diabetes sebenarnya masih boleh mengonsumsi mi instan atau makanan dengan karbohidrat tinggi lainnya. Hanya saja, sebaiknya mereka berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih bisa mengonsumsinya atau diminta untuk benar-benar menghindarinya.

Jika memang diperbolehkan untuk mengonsumsi mi instan, mereka juga harus membatasi porsi atau frekuensi memakannya. Jika sembarangan memakannya, dikhawatirkan akan membuat kadar gula darah tak lagi bisa dikendalikan dan akhirnya membuat risiko komplikasi semakin meningkat.

Jika memang masih bisa mengonsumsi mi instan dengan porsi yang sedang, penderita diabetes juga harus melakukan olahraga secara teratur demi menjaga kadar gula darah dan membakar kalori. Selain itu, batasi pula asupan makanan tinggi kalori lainnya.

TAGS:
diabetesmie instan

RELATED STORIES

Loading interface...