Peneliti Temukan Dua Lubang Hitam Besar Hampir Bertabrakan

Daniel
Daniel

Peneliti Temukan Dua Lubang Hitam Besar Hampir Bertabrakan Ilustrasi

Winnetnews.com - Peneliti menemukan dua lubang hitam atau black hole yang berukuran besar terlihat hampir bertabrakan. Hal tersebut terdeteksi lewat teleskop hubble. Lokasi lubang hitam tersebut berjarak 2,5 miliar tahun cahaya dari bumi.

Menurut pengamatan yang dilakukan, dua lubang hitam tersebut berada berdekatan. Akibat dari dua lubang hitam yang hampir bertubrukan tersebut, ada sebuah riak besar dalam ruang dan waktu atau dikenal dengan sebutan gelombang gravitasional.

Setelah ditelisik lebih lanjut, kedua lubang hitam yang berada berdekatan ternyata tidak akan pernah bertubrukan satu sama lain. Alih-alih, kedua lubang hitam akan saling berputar selamanya. Jarak terdekat yang kemungkinan tercipta di antara dua lubang hitam tersebut yakni 1 parsec atau 3,2 tahun cahaya, seperti dikutip dari Futurism.

Kedua lubang hitam yang ditemukan memiliki massa 800 kali lebih besar dari pada matahari. lubang hitam supermasif biasanya ditemukan di tengah galaksi, termasuk di galaksi bima sakti. Belum diketahui butuh berapa lama dua lubang hitam jika akan bergabung, hingga kini misteri itu belum terpecahkan.

“Ini contoh pertama lubang hitam masif yang kami temukan. Tapi kemungkinan masih banyak lubang hitam yang bisa ditemukan di galaksi,” kata Michael Strauss dari departemen astrofisika Universitas Princetown.