Penelitian: Kapalan Punya Manfaat Melindungi Kaki Secara Alami
Ilustrasi berjalan ( Photo ShutterStock )
Kesehatan

Penelitian: Kapalan Punya Manfaat Melindungi Kaki Secara Alami

Minggu, 7 Jul 2019 | 16:34 | Muchdi
Winnetnews.com -  Selama ini, orang-orang menganggap kalus atau kapalan abat berjalan telanjang kaki, adalah masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, sebuah studi menunjukkan hal berbeda.

Dalam penelitian yang dimuat di jurnal daring Nature, kapalan atau kulit yang menebal ketika orang berjalan tanpa alas kaki, ternyata bermanfaat. Mereka punya peran untuk melindungi kaki secara alami.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Live Science, dikutip Minggu (7/7/2019), kapalan memberikan perlindungan pada kaki, tanpa mengurangi kepekaan. Berbeda apabila kita memakai sepatu, yang mengurangi sensitivitas dan mengubah tekanan dari telapak kaki ke sendi yang lebih tinggi pada kaki.

Namun para ilmuwan tidak mengatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki lebih menyehatkan daripada memakai alas.

Terkait dengan Evolusi Manusia

Untuk studi ini, para peneliti dari berbagai institusi pendidikan di Amerika Serikat, Jerman, dan Afrika, melakukan perbandingan antara efek kapalan pada kaki dengan efek pemakaian sepatu pada lebih dari 100 orang dewasa.

Mereka menemukan bahwa efek tersebut bisa dikaitkan dengan evolusi manusia.

"Manfaat sensorik dari telanjang kaki mungkin memiliki implikasi kesehatan, tetapi ini perlu dipelajari," kata Daniel Lieberman, profesor biologi evolusi manusia di Harvard University, AS yang terlibat dalam penelitian ini.

Lieberman menjelaskan, selama 200 ribu tahun eksistensi manusia di dunia, orang-orang sudah berjalan tanpa alas kaki. Kapalan, adalah salah satu solusi evolusi untuk melindungi telapak kaki.

Dalam studi ini, peserta yang berjalan tanpa alas kaki sampai mengalami kapalan, kepekaan atau kemampuan kaki untuk merasakan sensasi tanah saat berjalannya, tidak berkurang. Berbeda dengan sepatu yang meredam hal ini.

TAGS:
kapalankakialamiotot

RELATED STORIES

Loading interface...