Penerimaan Pajak Dari Perusahaan Asing Perlu Diperketat
Nasional

Penerimaan Pajak Dari Perusahaan Asing Perlu Diperketat

Rabu, 23 Mar 2016 | 08:46 | Muchdi

WinNetNews.com - Kalangan dunia usaha di Jawa Barat mendorong pemerintah lebih memperketat pengawasan pembayaran pajak oleh perusahaan asing.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat (Jabar) Dedy Widjaja menegaskan banyaknya perusahaan asing yang tidak bayar pajak merugikan dunia usaha dalam negeri. Karena menurutnya hal ini berhubungan dengan daya saing produk.

"Mungkin produk lokal mahal gara-gara perusahaan asingnya tidak bayar pajak. Jadi mereka bisa menjual produk jauh lebih murah," ujarnya seperti di kutip dari situs Bisnis, Jakarta, Rabu, (23/3/2016).

Dedy menduga kurangnya pengawasan pemerintah menjadi faktor terkait kepatuhan perusahaan asing tidak bayar pajak . Hal ini tidak sebanding dengan perusahaan dalam negeri yang selalu dikejar-kejar pemerintah soal kepatuhan bayar pajak.

 

"Kenapa ini bisa bocor? Pasti pengawasan yang kurang intensif."

Oleh karena itu, pemerintah perlu bertindak tegas dalam melakukan pengawasan karena pajak merupakan salah satu devisa yang berkontribusi cukup besar bagi negara.

Sementara itu, Apindo Kota Cimahi menyarankan agar Kementerian Keuangan lebih baik mengevaluasi sistem penarikan pajak yang dilakukannya selama ini ketimbang meributkan 2.000 perusahaan yang disebut-sebut telah mengemplang pajak.

Ketua Apindo Kota Cimahi Roy Sunarya mengatakan, karakter pengusaha asing justru mereka lebih tertib administrasi dan taat terhadap aturan. Sehingga, kecil kemungkinan penggelapan pajak itu dilakukan.

Sumber dari Bisnis, Jakarta

TAGS:
bisnispajakkeuanganekonomidevisaperusahaan asing

RELATED STORIES

Loading interface...