Penggunaan Masker di Luar Ruangan Tidak Wajib Lagi, Ini Kata Dokter Paru

Rusmanto

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Penggunaan Masker di Luar Ruangan Tidak Wajib Lagi, Ini Kata Dokter Paru
detikcom
Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak lagi mewajibkan penggunaan masker di luar ruangan. Pelonggaran ini dilakukan di tengah tren kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan.

dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengatakan kondisi penularan COVID-19 di Indonesia terlihat sudah menurun. Ini memungkinkan untuk pelonggaran seperti tidak wajib menggunakan masker ini sudah bisa dilakukan.

"Kalau saat sekarang, penularan sudah sedikit. Buktinya di Wisma Atlet, sudah sangat berkurang sekali (pasien COVID-19)," tutur dr Erlang saat dihubungi detikcom, Selasa (17/5/2022).

"Kondisinya saat ini sebenarnya sudah cukup aman," lanjutnya.

Namun, dr Erlang tetap menyarankan masyarakat untuk masker. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan kasus usai Lebaran.

"Tapi untuk mencegah, ini kan baru selesai dari Lebaran ya, masih ada potensi untuk terjadi peningkatan 2 minggu ke depan," kata dr Erlang.

"Ya paling nggak, kita tetap menggunakan masker lah untuk menjaga-jaga saja," imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Bolehkan Copot Masker, Dokter Paru: Aman Sih, Tapi..."


 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...