Penggunaan Tali Masker Ternyata Tak Disarankan, Ini Alasannya
Ilustrasi tali masker
Kesehatan

Penggunaan Tali Masker Ternyata Tak Disarankan, Ini Alasannya

Selasa, 23 Feb 2021 | 14:40 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Penggunaan tali masker belakangan menjadi tren di mayoritas kalangan anak muda saat ini. Pemakaiannya dengan dengan tali pengait yang berfungsi menggantung masker di leher. Sementara Bentuknya tali pengait masker ini sama seperti rantai pada kacamata yang berfungsi agar lebih praktis menyimpan masker tetap dekat dengan wajah.

Namun ternyata, penggunaan tali masker tersebut justru tak disarankan karena berpotensi menyebarkan virus.

"Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh," kata Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting, SpP (K) dalam konferensi pers BNPB yang disiarkan Minggu (21/2).

dr Alex menjelaskan, bagian luar masker berfungsi untuk menyaring virus, kuman, dan bakteri agar tidak masuk ke saluran napas. Sementara bagian dalamnya untuk menghambat droplet agar tidak keluar saat berbicara. 

Menurutnya menggantungkan masker justru dapat mengakibatkan bagian dalam masker terekspor area luar sehingga terpapar virus, bakteri, atau kuman. Hal ini dikhawatirkan dapat memperbesar potensi penularan virus corona.

"Apalagi jika tangan kita menyentuh bagian luar kemudian menyentuh lagi bagian dalam. Naik turunnya masker itu yang kita khawatirkan terlebih jika jari-jari kita menyentuh bagian luar masker," jelasnya.

TAGS:
tali maskermasker

RELATED STORIES

Loading interface...