Pentingnya Air Putih untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Pentingnya Air Putih untuk Jaga Kesehatan Ginjal
ilustrasi

Winnetnews.com -  Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh dengan minum air putih, menjadi salah satu kiat untuk senantiasa hidup sehat.  Hal ini karena sel, jaringan, dan organ, seperti ginjal membutuhkan air agar dapat bekerja dengan normal. Namun, tahukah Anda seperti apa detailnya fungsi air untuk ginjal? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Manfaat air untuk fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ berpasangan yang berbentuk seperti kacang  yang berukuran sekepalan tangan. Organ ini terletak tepat di bawah tulang rusuk, satu di sisi tulang belakang Anda. Sekitar 60-70% berat tubuh Anda terdiri dari air. Seluruh bagian tubuh, termasuk ginjal Anda membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Berikut beberapa manfaat air untuk fungsi ginjal:

Melancarkan proses menyaring darah untuk membuang limbah

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari.

Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

Menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh

Fungsi ginjal sangat penting, karena menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Hal ini akan membuat saraf , otot, dan jaringan untuk berfungsi dengan normal.

Ginjal juga akan berfungsi membuang ekstra air. Limbah hasil penyaringan dan ekstra air inilah yang dikumpulkan menjadi urine.

Mencegah terbentuknya batu ginjal

Fungsi air untuk menjaga kesehatan ginjal secara menyeluruh adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Harvard Health Publishing menyebutkan bahwa dehidrasi adalah faktor utama terbentuknya batu ginjal.

Jika tubuh kekurangan cairan karena Anda kurang minum air putih, limbah tidak bisa dialirkan ke kandung kemih. Seiring waktu, limbah akan menumpuk dan membentuk batuan. Inilah yang Anda kenal dengan batu ginjal.

Bila Anda minum cukup air, limbah dapat dikeluarkan tubuh dengan baik. Jadi, minum cukup air dapat menurunkan risiko batu ginjal.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...