Pentingnya Asupan Serat untuk Anak Balita
ilustrasi
Kesehatan

Pentingnya Asupan Serat untuk Anak Balita

Senin, 30 Mar 2020 | 07:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sejak usia dini, tumbuh kembang si kecil merupakan hal penting yang harus diperhatikan para orangtua. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi yakni asupan nutrisi harian, termasuk serat. Memerhatikan asupan nutrisi bayi setiap hari akan membantu memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Seberapa penting asupan serat untuk bayi dan berapa kebutuhan harian yang harus ia penuhi?

Kenapa serat penting untuk bayi?

Mungkin Anda lebih familiar mendengar betapa pentingnya asupan karbohidrat, protein, serta lemak sebagai sumber energi untuk bayi.

Tak lupa, asupan berbagai vitamin dan mineral harian yang juga baik bagi pertumbuhan si kecil. Namun selain itu, masih ada zat gizi lain yang tidak kalah penting untuk dicukupi bayi setiap harinya, yakni serat.

Louise Goldberg, RD, LD, selaku pemilik konsultasi gizi bernama An Apple A Day sekaligus ahli gizi di Children’s Memorial Hermann Hospital Texas menjelaskan fungsi utama serat.

Menurutnya, asupan serat yang optimal setiap harinya akan membantu mendukung dan melancarkan kerja sistem pencernaan bayi.

Sebaliknya, jika asupan serat untuk bayi tidak dapat terpenuhi dengan baik, tentu akan membawa masalah pada tubuhnya.

Melansir dari laman Healthy Children, serat membantu melancarkan proses pencernaan makanan sekaligus membuat tubuh merasa kenyang.

Hal tersebut yang juga membuat aneka makanan sumber serat dapat membantu mencegah terjadinya sembelit pada bayi alias susah buang air besar.

Bahkan, makanan dengan kandungan serat yang tinggi merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang baik guna menurunkan potensi risiko terjadinya penyakit.

Berbagai penyakit ini misalnya penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan obesitas yang berisiko dialami bayi di kemudian hari.

TAGS:
makananbalitakesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...