Pentingnya Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain
Foto: The Lifelong
Lifestyle

Pentingnya Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Minggu, 24 Mei 2020 | 08:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Momen lebaran menjadi kesempatan yang tepat untuk saling bermaafan dengan orang-orang terdekat. Namun tidak ada salahnya jika kita juga meminta maaf dengan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri merupakan sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan.

Mengutip dari Yourtango.com, memaafkan merupakan sebuah tindakan untuk mendapatkan kedamaian diri sendiri, bukan untuk orang lain. Tujuan dari meminta maaf dalah untuk melepaskan sesuatu yang tidak baik tentang seseorang atau situasi yang memberikan dampak negatif pada dirimu. Hal yang sama juga berlaku dalam konteks memaafkan diri sendiri.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaafkan diri sendiri, agar mendapatkan kedamaian.

Bercermin dan memintaa maaf dengan suara yang lantang

Kamu tidak selalu mendapatkan permintaan maaf dari orang yang telah menyakitimu. Kamu tidak bisa mengontrol proses tersebut. Tapi kamu bisa memberikan maaf untuk dirimu sendiri. Kamu dapat mengontrol apa yang ingin kamu lepas.

Gunakan mantra

Coba katakan, “Saya memaafkan diri sendiri untuk (sebutkan sesuatu yang selama ini mengganjal di hati). Saya manusia. Permintaan maaf saya komplit. Saya bebas.” Terus ulangi kalimat tersebut untuk memaafkan kesalahan yang telah kamu lakukan.

Berkomitmen untuk memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi berkomitmen untuk memaafkan diri sendiri merupakan sesuatu yang besar dari tujuan untuk hidup sebesa dan seontentik mungkin. Bersabarlah dengan proses ini, karena mungkin harus melalui langkah-langkah ini sebanyak yang diperlukan.

Terus berusaha

Memaafkan diri sendiri bukan aktivitas yang bisa dilakukan hanya satu kali. Kamu perlu mengulanginya lagi dan bersikap jujur pada dirimu sendiri, sembari tetap berkomitmen pada dirimu untuk melepaskan apa yang selama ini menganggumu.

TAGS:
memaafkanlebarandiri sendiriLifestyle

RELATED STORIES

Loading interface...