Penyebab Kebotakan Dini dan Cara Mengatasinya
ilustrasi
Kesehatan

Penyebab Kebotakan Dini dan Cara Mengatasinya

Senin, 24 Feb 2020 | 17:55 | Rusmanto
Winnetnews.com - Kebotakan dini pada pria semakin marak terjadi. Menurut U.S. National Library of Medicine (NLM), lebih dari 50% pria berusia lebih dari 50 tahun cepat atau lambat akan mengalami kebotakan. Namun tak sedikit juga pria yang mulai mengalami kebotakan semenjak mereka menginjak umur 21. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa saja penyebab kebotakan dini?

Seseorang setiap harinya kehilangan sekitar 100 helai rambut. Tapi hal ini normal dan tidak akan menyebabkan kebotakan dini selama rambut yang baru, tumbuh secara bersamaan. Nah, kebotakan dini pada pria terjadi ketika terjadi ketidakseimbangan pada siklus ini.

Mayoclinic menuliskan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kebotakan pada pria. Berikut penjelasannya:

Kebotakan dini karena riwayat keluarga (keturunan)

Kebotakan dini yang disebabkan oleh faktor keturunan merupakan kasus yang paling banyak ditemui. Berkurangnya rambut di kepala karena menurun dari keluarga ini biasanya muncul di saat umur sudah mulai memasuki usia senja.

Kebotakan dini karena perubahan hormon

Penelitian menunjukkan kebotakan dini pada pria berhubungan dengan hormon androgen. Hormon androgen memiliki banyak fungsi selain untuk menumbuhkan rambut, salah satunya yaitu sebagai hormon seks pada pria.

Kondisi medis tertentu

Kebotakan dini mungkin terjadi akibat efek samping dari obat-obatan untuk kanker, depresi, gangguan jantung, rematik atau tekanan darah tinggi. Radiasi akibat terapi yang dijalani, stres dan gaya rambut tertentu juga dapat merusak rambut.

TAGS:
kebotakan dinirambut

RELATED STORIES

Loading interface...