Perbedaan Harga Service Mobil di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum
Mobil

Perbedaan Harga Service Mobil di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Selasa, 21 Jun 2016 | 17:55 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Agar kendaraan tetap dalam kondisi prima saat digunakan mudik, maka sebaiknya mobil dibawa ke bengkel untuk servis.

Terkait servis kendaraan, coba menelusuri beberapa bengkel umum dan resmi, untuk membandingkan biaya servis mobil kelas sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) yang biasa digunakan untuk mudik.

Jika kendaraan sudah menempuh jarak rata-rata 50 ribu kilometer (km), 70 ribu km atau 100 ribu km, maka jenis servis yang diambil adalah servis besar, yakni mulai dari kondisi mesin hingga kaki-kaki mobil.

Di salah satu bengkel resmi Toyota yang terletak di kawasan Jalan Panjang, Jakarta Barat, biaya servis Toyota Fortuner bensin dan Innova bensin selama bulan Ramadan dibanderol Rp2,45 juta.

Menurut Service Advisor bengkel Toyota, Rudi, biaya tersebut sudah meliputi ongkos servis, balancing dan spooring roda, ganti filter oli, ganti oli mesin Toyota, serta tune up yang termasuk membersihkan intake, rem dan menguras oli mesin.

Sementara itu, harga yang dipatok bengkel umum tidak berbeda jauh. Di Bengkel Amiaw Motor Sport (AMS) yang ada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, biaya servis Fortuner dan Innova dibanderol Rp2,56 juta.

Menurut kepala bengkel AMS, Rudy, biaya tersebut meliputi ganti oli mesin dengan merek Idemitsu, bersihkan filter oli, ganti oli transmisi dan oli gardan, serta tune up.

Sedangkan di Akon Racing Team (ART), biaya servis Fortuner bensin dan Innova bensin dipatok Rp1,165 juta. “Biaya tersebut sudah mencakup penggantian oli mesin dengan Eneos, oli transmisi, oli gardan. Sedangkan untuk tune up meliputi bersihkan filter oli, rem, ganti minyak rem, dan ganti busi,” jelas penggawa ART, Akon. 

TAGS:
mudikfortunermpvsuvSeviceRudy

RELATED STORIES

Loading interface...