Perhatikan Trik Jika Ingin Jadi Juara Balapan Tamiya
Viral

Perhatikan Trik Jika Ingin Jadi Juara Balapan Tamiya

Selasa, 14 Jun 2016 | 22:34 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Bermain jika menjadi sebuah hobi tentu bakal menambah pundi-pundi rupiah lho. Caranya tentu lewat kompetisi, apalagi untuk hobi tamiya tentunya kamu harus paham betul dong ilmunya jika ingin menjadi juara dalam balapan tamiya.

Tamiya adalah permainan mobil rakitan yang kepopuleran nya nggak pernah luntur. Bukti nya saja sampai sekarang masih banyak banget perlombaan yaitu balapan tamiya yang sering diadakan oleh para komunitas pecinta tamiya loh.

Sebelum tamiya milikmu masuk ke sirkuit. Dijamin deh kalau kamu perhatikan trik dibawah ini :

1. Pilih tipe tamiya

Pertama perhatikan tamiya milikmu sebelum masuk ke sirkuit. Untuk itu kamu harus tahu dulu seperti apa jalur atau lintasan yang bakal dipakai untuk balapan. Apakah jalurnya kebanyakan lurus atau lebih banyak belokan-belokan yang tajam? Jenis dan tipe tamiya yang digunakan itu berbeda satu dengan yang lainnya, maka harus menentukan peraturan tertentu untuk dapat melewati lintasan dalam perlombaan balap tamiya tersebut.

2. Gunakan Dinamo yang oke

Dinamo adalah bagian yang paling terpenting saat balapan tamiya karena dinamo lah yang membuat tamiya bisa melaju sangat cepat atau tidak. Dinamo tamiya sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu ada dinamo sedang, cepat dan sangat cepat. Ada banyak cara lain agar tamiya kamu bisa melaju super kencang, salah satunya adalah dengan cara menggulung dinamo atau merakit dinamo.

3. Baterai juga penting lho

Wah nyatanya dinamo yang digunakan juga akan sangat mempengaruhi baterai yang harus dipakai, karena semakin besar kekuatan dan kecepatan dari dinamo, daya dari baterai pun akan lebih cepat habis. Namun sayangnya, kamu nggak bisa sembarangan dan mengabaikan penggunaan baterai ini. Faktanya ada beberapa lomba balapan tamiya yang membatasi peserta dalam penggunaan baterai loh. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih dinamo dan baterai sesuai dengan peraturan dalam perlombaan tamiya supaya jangan sampai daya baterai habis sebelum perlombaan selesai.

4. Jenis Ban yang digunakan

Jenis ban tamiya itu terdapat 2 macam? Jenis yang pertama adalah jenis ban karet dan selanjutnya ada jenis ban busa. Masing-masing dari kedua ban tersebut punya keunggulan dan kekurangan nya sendiri. Ban karet memang lebih awet namun sayangnya karena bahan yang lebih berat bisa menyebabkan tamiya lebih mudah selip pada lintasan tamiya, namun untuk ban busa memang lebih berkecepatan tinggi dan mampu mencengkram lintasan lebih efektif tapi ban ini sangat rapuh dan cepat rusak.

Kamu lagi-lagi harus melihat bagaimana lintasan tamiya yang akan di lewati, jika lintasan lurus, kamu bisa menggunakan ban besar karena lintasan lurus akan jauh lebih diutamakan kecepatannya. Namun untuk lintasan yang banyak belokan akan lebih mementingkan kestabilan tamiya milik kamu, jadi ban kecil adalah jawabannya.

5. Pilih roller dengan tepat

Roller ini sangat penting buat kamu yang bakal berlomba di lintasan penuh tikungan dan belokan. Agar lebih stabil, roller akan membantu tamiya milik kamu untuk lebih stabil dalam melewati tikungan. Pilihlah roller yang punya ukuran pas dengan jalur lintasan atau pilih roller yang punya jeda pinggiran dengan lintasan yang sangat kecil sehingga mengurangi resiko benturan yang akan terjadi saat perlombaan berlangsung.

TAGS:
trikjuara lombajuara tamiyalomba tamiya

RELATED STORIES

Loading interface...