Peringati 70 Tahun Kerjasama Indonesia-Italia, Kedubes Italia di Jakarta Datangkan Duo Carrozzo-Fasiello
Foto: Dok. Italian Institute of Culture
Seni & Budaya

Peringati 70 Tahun Kerjasama Indonesia-Italia, Kedubes Italia di Jakarta Datangkan Duo Carrozzo-Fasiello

Kamis, 26 Sep 2019 | 10:29 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Untuk memperingati 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Italia, Kedutaan Besar Italia di Jakarta bekerjasama dengan Italian Institute of Culture Jakarta mengadakan sebuah konser klasik berjudul “The Afternoon of a Faun” (Pomeriggio d’un fauno).

Konser ini menyuguhkan penampilan dari dua musisi jenius asal Italia, Valeria Fasiello dan Andrea Carrozzo. Keduanya dikenal sebagai Duo Carrozzo-Fasiello, dengan Valeria sebagai pianis dan Andrea sebagai saksofonis.

Pertunjukan duo musisi Italia ini diselenggarakan pada Rabu (25/09), bertempat di Pusat Perfilman Haji Umar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. Tidak hanya dihadiri oleh sederet tamu undangan dari Kementerian Luar Negeri dan rekan-rekan kedutaan besar, konser ini juga ditandangi oleh sejumlah musisi dan penikmat musik seantero Jakarta.

Baik Valeria dan Andrea tampil membawakan beberapa lagu, diantaranya prélude à l'après-midi d'un faune, fêtes, dan Le forme del fuoco. Musik yang dibawakan oleh Duo Carrozzo-Fasiello ini didasarkan pada repertoar musik yang terinspirasi dari suasana Perancis di awal-awal dekade abad ke-20 yang merefleksikan Debussy dan Milhaoud. Tidak hanya itu, kedua musisi mengaku jika konser ini terinspirasi dari musik kontemporer Italia yang digagas oleh Ciminielo dan Cotti.

Andrea Carrozzo sendiri adalah pemain saksofon skala internasional. Ia lulus dari Convertario N.Rota di Monopoli, Italia. Andrea telah memenangkan banyak penghargaan, diantaranya adalah Juara Pertama Adolphe Sax dalam International Saxophone Competition in Castelbuono, Italia. Tidak berbeda dengan Andrea, Valeria Fasiello juga sudah sering wara-wiri dalam pagelaran musik internasional. Ia lulus dari Conservatorio T. Schipa di Lecce, Italia, kemudian melanjutkan studinya di Conservatorio N. Rota di Monopoli. Valeria telah memenangkan banyak penghargaan, baik di skala nasional maupun internasional.

Duta Besar Italia untuk Indonesia, Vittorio Sandalli, mengaku jika konser ini merupakan sebuah ‘selebrasi’ untuk memestakan hubungan diplomatik Indonesia-Italia yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun.

“Konser malam ini adalah salah satu konser dari banyaknya program yang kami selenggarakan. Kami memutuskan untuk menampilkan performa dua artis Italia yang sangat bertalenta. Konser ini terinspirasi dari Debussy. Jika di Indonesia mungkin sama seperti gamelan dalam kultur dan adat setempat. Konser ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu interaksi pengenalan budaya antara Indonesia dengan Eropa,” kata Vittorio saat ditemui di Gedung Haji Umar Ismail, Rabu (25/09).

Tidak hanya konser Duo Carrozzo-Fasiello, Vittorio mengaku akan ada dua konser susulan yang akan datang. “Salah satunya adalah konser jazz yang akan menggundang Susanna Stivali Quartet. Akan ada juga performa musik elektronik yang akan diselenggarakan beberapa minggu ke depan. Selain itu kami juga akan mengundang beberapa penulis Italia untuk tampil di Ubud Writing Festival di Bali,” ungkap Vittorio.

Dengan adanya konser ini, Vittorio berharap jika kedepannya Indonesia dan Italia akan mempunyai hubungan yang lebih kuat dari sebelumnya. “Kami berharap ada hubungan baik yang terjalin dengan Indonesia kedepannya. Beberapa waktu lalu Indonesia juga sempat mengadakan kunjungan ke Italia. Indonesia dan Italia punya hubungan yang sangat kuat dari segi institusional dan sosial,” pungkasnya.

TAGS:
Kedutaan Besar Italia di JakartaDuo Carrozzo-Fasiellomusik klasikThe Afternoon of a Faun

RELATED STORIES

Loading interface...