Perlukah Kita Minum Obat Antibiotik Saat Sakit?
Foto: Boldsky
Kesehatan

Perlukah Kita Minum Obat Antibiotik Saat Sakit?

Selasa, 8 Mei 2018 | 12:18 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Saat kita sakit dan berobat ke dokter, maka dokter akan memberikan resep berupa obat antibiotok yang harus kita konsumsi. Tapi apakah sebenarnya kita memerlukan obat antibiotik?

Antibiotik diciptakan untuk membunuh mikroorganisme patogen yang menyebabkan kamu sakit, atau mungkin membuat kamu sakit. Mikroorganisme ini memainkan peran penting pada cara tubuh kita bekerja, dengan beberapa jenis bakteri yang berada di berbagai area tubuh. Antibiotik membunuh mikroorganisme dan mengganggu keseimbangan pencernaan kamu, yang mengarah ke berbagai gejala.

Oleh karena itu kamu hanya harus minum antibiotik ketika kamu membutuhkannya. Kalau hanya terserang flu karena virus atau kedinginan, lebih baik gunakan cara yang berbeda. Kamu bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat untuk membuat sembuh, tidak harus minum obat antibiotik.

Namun, infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan perlu diobati dengan antibiotik. Oleh karena itu kita melihat bahwa antibiotik hanya harus dikonsumsi untuk infeksi bakteri. Jika dokter meresepkan antibiotik untuk infeksi virus, coba tanyai tentang hal itu.

Kadang-kadang antibiotik yang tidak dapat dihindari, tetapi kamu akan menemukan hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah baik jangka pendek maupun efek yang tidak diinginkan, jangka panjang. Minum antibiotik sesuai prosedur, dalam dosis terbagi antara waktu makan. Meskipun antibiotik mempengaruhi tingkat bakteri ke seluruh tubuh, itu adalah pencernaan yang paling menderita, sehingga sangat penting untuk memberikan beberapa perawatan yang lembut.

Terkadang konsumsi antibiotik dapat menyebabkan kondisi yang disebut usus bocor. Dalam hal ini bakteri baik dalam usus akhirnya hancur. Untuk ini, pastikan untuk mengonsumsi cukup probiotik untuk mengisi usus kamu dengan bakteri sehat.

Terus menggunakan probiotik setidaknya dua bulan, sementara beberapa orang akan butuh enam bulan atau lebih tergantung pada latar belakang kesehatan mereka dan jenis antibiotik yang diresepkan.

TAGS:
obat antibiotiksakitpenyakitsembuhkan penyakit

RELATED STORIES

Loading interface...