Perlukan Paspor Diplomatik Untuk Anggota DPR?
Nasional

Perlukan Paspor Diplomatik Untuk Anggota DPR?

Jumat, 12 Feb 2016 | 14:32 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Komisi I DPR, kembali mendesak pembuatan paspor diplomatik bagi anggota DPR. Padahal, wacana pemberian paspor diplomatik ini telah banyak ditentang oleh masyarakat luas pada tahun lalu.

Mencermati hal tersebut, peneliti senior Formappi, Lucius Karus, mengatakan, pihaknya menentang wacana pembuatan paspor diplomatik untuk DPR. Pembuatan paspor diplomatik, kata dia, tidak sejalan dengan fungsi dan tugas utama DPR.

"Tugas DPR itu menyerap aspirasi daerah, bukan melakukan diplomasi di luar negeri. Ketika sekarang desakan itu muncul lagi, maka patut ditolak ramai-ramai," ujar Lucius di Jakarta, Kamis (11/1).

Lucius menilai, usulan pemberian fasilitas paspor tersebut tidak relevan. Pasalnya, kata dia, usulan itu muncul bersamaan dengan komitmen Ketua DPR bersama pimpinan fraksi di DPR untuk meniadakan kunker luar negeri demi meningkatkan kinerja legislasi.

 

"Sehingga mestinya tak relevan mengutak-atik paspor hitam ini bila sudah ada komitmen untuk meniadakan kunker. Untuk apa paspor itu jika tak ada peluang bagi DPR untuk kunker ke luar negeri?," tandas dia.

Lucius menduga, wacana pemberian fasilitas paspor ini merupakan sikap licik DPR. Saat mereka terlanjur berkomitmen untuk meniadakan kunker, kata Lucius, fasilitas paspor hitam ini bisa memberi ruang bagi masing-masing anggota untuk melancong ke luar negeri dengan tetap menikmati layanan layaknya pejabat dan protokoler.

"Saya lebih mencurigai alasan di atas ini yang menjadi dasar komitmen DPR meminta pembuatan paspor diplomatik. Dengan paspor itu, mereka bisa tetap menikmati protokoler ala pejabat sekalipun hanya pergi melancong sendiri-sendiri ke luar negeri untuk mereguk kenikmatan duniawi," jelas Lucius.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

TAGS:
anggota DPRDPR RIpaspor diplomatik

RELATED STORIES

Loading interface...