Pernah Kena Wasir? Begini Sebab dan Cara Pengobatannya
Ilustrasi: Aura
Kesehatan

Pernah Kena Wasir? Begini Sebab dan Cara Pengobatannya

Sabtu, 9 Nov 2019 | 12:00 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Apakah kamu pernah mengalami ambeien alias wasir? Penyakit yang satu ini kerap muncul apabila kamuu tidak mengonsumsi makanan serat secara cukup. Ambeien sendiri merupakan kondisi peradangan dan pembengkakkan pembuluh darah di sekitar anus. Berikut ini adalah beberapa fakta ambeien yang harus kamu ketahui.

Jenis ambeien

Ambeien sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni internal hemorrhoid atau ambeien dalam dan external hemorrhoid atau ambeien luar. Ambeien luar muncul di dalam saluran rektim dan biasanya tidak terasa nyeri. Jenis ambeien ini meskipun tidak nyeri namun dapat menyebabkan BAB berdarah. Sedangkan ambeien dalam terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri. Jenis amebeien ini bisa robek dan berdarah.

Penyebab ambeien

Ambeien terjadi karena adanya pembengkakkan pada vena. Hal ini disebabkan oleh tekanan di rektum bagaian bawah yang disebabkan berbagai faktor berupa aktivitas fisik, pola makan dan gaya hidup yang tidak teratur, usia, dan karena ada faktor kehamilan.

Gejala ambeien

Gejala ambeien yang perlu kamu perhatikan adalah adanya rasa nyeri dan tidak nyaman di sekitar anus, munculnya bengkak dan benjolan pada lubang anus, buang air besar berdarah, dan keluarnya skin tag atau jaringan lunak dari anus.

Mencegah amebien

Jika tidak ingin terjangkit ambeien, ada baiknya kamu menjaga feses dalam kondisi lunak. Kamu juga harus rutin makan makanan berserat seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Kemudian olahraga secara teratur selama 30 menit setiap harinya. Minum air cukup dan tidak menunda BAB juga dipercaya dapat mencegah kita terjangkit wasir.

Mengobati ambeien

Ambeien dapat diobati dengan dua cara, yakni melalui operasi dan tanpa operasi. Untuk menghilangkan penyakit ini secara alami, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, campuran cuka apel dengan air hangat, lidah buaya, kulit manggis, dan akar kangkung.

Sedangkan jalur operasi dilakukan dengan melakukan pemotongan di daerah benjolan anus menggunakan laser diode. Setelah melakukan operasi, umumnya penderita akan mengalami nyeri ketika BAB dengan feses disertai bercak darah.

TAGS:
ambeienpemicu wasirmengobati wasirgejala wasirpencegahan wasir

RELATED STORIES

Loading interface...