Perokok Lebih Rentan Terhadap COVID-19?
ilustrasi
Kesehatan

Perokok Lebih Rentan Terhadap COVID-19?

Rabu, 1 Apr 2020 | 06:13 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Merokok dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Kondisi ini pun diyakini meningkatkan risiko perokok terpapar infeksi Coronavirus yang gejalanya juga menyerang fungsi paru-paru. Ketahui apa bahaya merokok saat COVID-19, faktor risiko, komplikasi, dll.

Apakah Perokok Lebih Rentan Terpapar Infeksi COVID-19?

Berdasarkan laporan terbaru dari World Health Organization (WHO), perokok lebih rentan terpapar virus Corona karena saat seseorang merokok, orang tersebut menggunakan jari yang bersentuhan langsung dengan bibir yang memungkinkan penularan virus secara langsung.

WHO juga menambahkan bahwa perokok memiliki faktor risiko tinggi memiliki penyakit paru-paru atau kapasitas dan kemampuan paru-paru yang berkurang sehingga meningkatkan risiko infeksi dan penyakit serius seperti pneumonia. Kondisi ini pun akan meningkatkan komplikasi gejala apabila orang tersebut terkena virus Corona.

Meskipun belum ada penelitian resmi terkait seorang perokok mungkin lebih mudah terpapar virus Corona, namun banyak bukti menunjukkan bahwa merokok tembakau jenis apapun menekan fungsi kekebalan tubuh, fungsi paru-paru, memicu peradangan, serta komplikasi penyakit lainnya.

Risiko yang sama juga terjadi pada mereka yang menggunakan e-rokok atau vaping dan merokok jangka panjang untuk mengembangkan penyakit paru-paru kronis yang dikaitkan dengan bahaya merokok saat COVID-19 yang lebih parah. Mengukur dari fakta tersebut, para ilmuwan pun setuju bahwa mungkin perokok dapat meningkatkan risiko mengembangkan infeksi serius dari paparan virus Corona.

TAGS:
coronavirusviruscoronakesehatanmerokok

RELATED STORIES

Loading interface...